Goleo dan Pille

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Goleo VI dan Pille, maskot resmi Piala Dunia FIFA 2006

Goleo VI, sering juga disebut dengan Goleo, dan Pille adalah maskot resmi Piala Dunia FIFA 2006 di Jerman. Goleo berbentuk seekor singa, dan selalu tampil bersama pasangannya, Pille, sebuah bola yang dapat berbicara. Goleo mengenakan pakaian sepak bola dengan nomor punggung 06 tertulis di bajunya, dan dia tidak memakai celana. Kostum Goleo dibuat oleh perusahaan Jim Henson, dengan harga sekitar €250.000. Nama Pille berasal dari pill, sebuah kata dalam bahasa Jerman, yang merupakan istilah sehari-hari untuk sepak bola. Pille diciptakan oleh GUM Studios Jerman.

Goleo diperkenalkan sebagai maskot Piala Dunia pada 13 November 2004 dalam sebuah acara TV terkenal di Jerman benama Wetten, dass..? ("Mau bertaruh kalau ...?") oleh pembawa acaranya adalah Pelé dan Franz Beckenbauer.

Goleo dikritik karena tidak melambangkan binatang dari Jerman dan singa juga adalah lambang dari saingan mereka, Inggris. Erik Spiekermann menyarankan bahwa maskot tersebut lebih baik berbentuk elang (seperti pada lambang Jerman).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]