Gnaeus Pompeius Strabo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gnaeus Pompeius Strabo
Lahirskt. 135 SM
Pikenum, Italia, Republik Romawi
Meninggal87 SM
KebangsaanRomawi
JabatanKonsul (89 SM)
AnakPompeius dan Pompeia
Karier militer
Pertempuran/perangPerang Sosial
Bellum Octavianum
PenghargaanPawai Kemenangan

Gnaeus Pompeius Strabo (skt. 13587 SM) adalah seorang jenderal dan politikus Romawi, yang menjabat sebagai konsul pada 89 SM. Dia sering disebut dalam bahasa Inggris sebagai Pompey Strabo, untuk membedakannya dari putranya, Pompeius Agung yang terkenal, atau dari Strabo sang Geografer.

Cognomen Strabo berarti "mata juling". Dia tinggal di Republik Romawi, lahir dan dibesarkan dalam keluarga bangsawan di Pikenum (masing-masing di selatan dan utara wilayah Marche dan Abruzzo) di Italia Tengah, di Pantai Adriatik. Ibunda Strabo disebut Lucilia. Keluarga Lucilia berasal dari Suessa Aurunca (Sessa Aurunca modern) dan dia adalah saudara perempuan penyair satir Gaius Lucilius. Lucilius adalah sahabat jenderal Romawi Scipio Aemilianus. Kakek paternal Strabo adalah Gnaeus Pompeius, dan ayahandanya adalah Sextus Pompeius. Kakandanya adalah Sextus Pompeius dan saudara perempuannya adalah Pompeia.

Karier awal[sunting | sunting sumber]

Strabo adalah anggota terkemuka Pompeii, sebuah keluarga bangsawan di Pikenum, di timur laut Italia. Keluarga Pompeii adalah keluarga terkaya dan paling terkemuka di wilayah tersebut, dan memiliki clientele besar dan banyak pengaruh di Pikenum dan Roma. Terlepas dari prasangka anti-pedesaan dari Senat Romawi, Pompeii tidak dapat diabaikan. Setelah bertugas militer, mungkin sebagai Tribunus militum, Strabo Cursus honorum dan menjadi Promagistrat di Sisilia 93 SM dan konsul pada 89 SM, di tengah-tengah Perang Sosial.

Perang Sosial[sunting | sunting sumber]

Terlepas dari akar provinsi Strabo, dia dan keluarganya adalah warga negara Romawi dan oleh karena itu mengambil tujuan Roma selama Perang Saudara Republik harus berperang dengan Sekutu Italia. Dia memerintahkan pasukannya melawan pemberontak Italia di bagian utara Italia. Pertama dia merekrut tiga atau empat legiun di Pikenum asalnya kemudian dia mengarahkan mereka ke selatan melawan para pemberontak. Pada 90 SM, sambil menggiring pasukannya ke selatan melalui Pikentum, dia tiba-tiba diserang oleh pasukan besar Pikenum, Vestini dan Marsi.[1] Meskipun pertempuran menguntungkan kedua belah pihak, Strabo kalah jumlah dan dia memutuskan untuk mundur. Akhirnya dia mendapati dirinya diblokade di Pikenum, tetapi pada musim gugur 90 ia meluncurkan dua serangan mendadak yang berhasil menjepit dan menangkap musuh-musuhnya.[2] Sisa-sisa tentara musuh mundur ke Asculum yang Strabo putuskan untuk menyerah.[2] Melalui serangan balasannya yang sukses, dia menjadi sangat terkenal dan dia menggunakan ketenarannya untuk terpilih sebagai salah satu konsul pada 89 SM, mitra konsulnya adalah Lucius Porcius Cato. Strabo menyerang dan mengalahkan pemberontak yang mencoba berbaris ke Etruria membunuh 5.000 pemberontak. 5.000 lainnya meninggal ketika mencoba untuk kembali melintas Apennines.[3] Rekan konsuler Strabo, Lucius Porcius Cato, melawan suku Marsi dalam pertempuran di dekat Danau Fucine (dekat dengan Alba Fucensis), dia tewas ketika berupaya untuk menyerbu kamp musuh; kejadian ini menjadikan Strabo sebagai konsul tunggal.[4] Detail pasti dari pengepungan Asculum dan pengurangan suku-suku tetangga tidak jelas dalam sejarah. Diduga pertempuran besar di dekat Asculum, di mana Strabo mengalahkan pasukan bantuan Italia yang teerdiri dari 60.000 orang.[5] Segera setelah Asculum jatuh, Strabo menyuruh para pemimpin pemberontak dicambuk dan dieksekusi dan melelang semua barang-barang mereka.[5] Dia menyimpan hasil penjualan ini, sebuah fakta yang mungkin menjelaskan reputasinya untuk keserakahan.[5] Pada akhir masa jabatannya sebagai konsul, Strabo tampaknya mencari konsul langsung kedua untuk 88 SM – tindakan yang tidak ilegal, seperti yang ditunjukkan oleh Gaius Marius pada akhir abad ke-II, namun sangat tidak teratur. Strabo ternyata gagal dalam usahanya, karena Lucius Cornelius Sulla dan Quintus Pompeius Rufus terpilih sebagai konsul.

Kemenangan dan Perang Saudara[sunting | sunting sumber]

Strabo merayakan kemenangannya melawan Sekutu Italia pada 27 Desember 89 SM. Setelah masa konsulnya berakhir beberapa hari kemudian, dia pensiun ke Pikenum bersama seluruh prajurit veterannya. Dia tidak membubarkan pasukannya tetapi menyimpannya di lapangan. Senat segera memindahkan komando pasukannya ke Quintus Pompeius Rufus, salah satu konsul baru. Namun, ketika Pompeius Rufus tiba, dia dibunuh oleh tentara Strabo.[6] Strabo tidak ikut campur saat Sulla maju dan merebut Roma pada 88 SM. Dia tetap di Pikenum hingga 87 SM, ketika dia menanggapi permintaan Senat untuk membantu melawan Gaius Marius dan Lucius Cornelius Cinna yang juga mengarahkan pasukan mereka di Roma. Strabo membawa pasukannya ke Roma; akan tetapi dia tidak tegas berkomitmen pada salah satu pihak, sebaliknya mengadu domba keduanya. Oleh karena itu, Publius Rutilius Rufus menyebutnya sebagai "orang paling jahat". Namun, ketika negosiasi dengan faksi Cinna-Marian gagal, dia menyerang Quintus Sertorius, salah satu komandan Cinna, yang diposisikan di utara kota, tetapi serangan itu tidak berhasil.[7]

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada 87 SM Strabo dan pasukannya berkemah di luar Gerbang Coline. Dia memelihara kamp yang tidak bersih yang mengakibatkan wabah penyakit di pasukannya. Strabo sendiri terkena disentri dan meninggal beberapa hari kemudian, masih di kampnya di luar Gerbang Coline. Ketamakan dan kekejamannya telah membuatnya dibenci oleh para prajurit sedemikian rupa sehingga mereka merusak mayatnya dari usungan dan menyeretnya ke jalan-jalan.[8]

Putranya, Pompeius Agung, membawa legiun kembali ke Pikenum. Dia akan menggunakannya untuk mendukung Sulla beberapa tahun kemudian. Strabo memiliki setidaknya dua anak: seorang putra, Pompeius, dan seorang putri, Pompeia, yang menikah dengan Gaius Memmius dan kemudian Publius Cornelius Sulla.[9] Untuk mengenangnya, namanya diberikan kepada kota-kota di Alba Pompeia dan Laus Pompeia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

 Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Pompey". Encyclopædia Britannica. 22 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 56–58. 

  1. ^ Lynda Telford, Sulla: A Dictator Reconsidered, p. 86.
  2. ^ a b Tom Holland, Rubicon, p. 58.
  3. ^ Philip Matyszak, Cataclysm 90 BC, p. 100.
  4. ^ Philip Matyszak, Cataclysm 90 BC, p. 105.
  5. ^ a b c John Leach, Pompey the Great, p.15; Velleius Paterculus, Historia Romana, II. 21.
  6. ^ John Leach, Pompey the Great, p. 19; Appius, Civil Wars, I.63; Sallust, Histories, II. 21.
  7. ^ Philip Matyszak, Sertorius and the Struggle for Spain, p.27.
  8. ^ Lynda Telford, Sulla, p. 112.
  9. ^ Leach, Pompey, family tree and p. 104

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Lucius Julius Caesar
Publius Rutilius Lupus
Konsul Romawi
89 SM
Bersama dengan: Lucius Porcius Cato
Diteruskan oleh:
Lucius Cornelius Sulla
Quintus Pompeius Rufus