Global Maritime Distress Safety System

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Global Maritime Distress Safety System (GMDSS) (bahasa Indonesia: Sistem Keselamatan Kecemasan Bahari Sejagat) adalah sebuah kesepakatan internasional berlandaskan beberapa prosedur keselamatan, jenis peralatan dan protokol komunikasi yang digunakan untuk meningkatkan keselamatan dan mempermudah pertolongan bagi kapal dan pesawat terbang yang mengalami bencana.

GMDSS terdiri dari beberapa sistem, yang beberapa diantaranya adalah baru, tapi telah banyak dioperasikan sejak bertahun-tahun lalu. Sistem ini diharapkan untuk dapat melakukan fungsi-fungsi, yakni: memberi peringatan (termasuk penentuan posisi unit yang mengalami bencana), koordinasi untuk pencarian dan pertolongan (SAR), penitiktempatan (locating) (pandu balik [homing]), siaran informasi keselamatan bahari (maritime), komunikasi secara luas dan komunikasi jembatan-ke-jembatan (bridge-to-bridge).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.