Giovanni Battista de' Rossi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Giovanni Battista de' Rossi

Giovanni Battista de' Rossi (22 Februari 1698 – 23 Mei 1764) adalah seorang imam Katolik Roma Italia. Ia adalah anak keempat dari pasangan Charles di Rossi dan Frances Anfossi. Sejak kecil, Yohanes sudah dididik dengan pendidikan spiritual dari Scipio Gaetano dan Giuseppe Repetto. Pada usia 10 tahun, sepasang bangsawan kaya dari Genoa menyekolahkan Yohanes ke Genoa, Italia setelah menerima persetujuan ayahnya.

Ia melanjutkan pendidikan sampai tahun 1711, hingga akhirnya mendapatkan panggilan dari sepupunya, Lorenzo de Rossi, untuk ke Roma. Lorenzo menyarankan Yohanes untuk melanjutkan pendidikannya di Collegium Romanum, di bawah bimbingan para Yesuit. Ia ditahbiskan menjadi imam pada 8 Maret 1721, setelah terlebih dahulu ditahbiskan menjadi diaken.

Setelah meninggal, jasadnya dimakamkan di bawah altar Gereja Santissima Trinita dei Pellegrini, Roma. Jenazahnya kemudian dipindahkan tahun 1965, ke sebuah gereja baru yang dinamai untuk menghormatinya. Ia memiliki hari raya pada tanggal 23 Mei dalam kalender Gereja Katolik dan dikanonisasi pada 8 Desember 1881, oleh Paus Leo XIII.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]