Gimbap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gimbap
Nama Korea
Hangul
김밥
Alih Aksaragimbap
McCune–Reischauerkimbap

Gimbap adalah jenis makanan Korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut.[1] Gimbap populer sebagai makanan yang dibawa piknik, hiking atau aktivitas lain di luar ruangan.[1]

Sushi dan makizushi Jepang sekitar abad ke-18. (Digambar oleh Utagawa Hiroshige)

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tidak diketahui asal-muasal gimbap. Ada yang mengatakan bahwa makanan ini diadaptasikan dari sushi Jepang. Namun, faktanya gimbap adalah makanan rakyat yang murah dan dibuat dari bahan yang sederhana. Berdasarkan buku Dongguk Sesigi yang ditulis pada zaman Dinasti Joseon, terdapat makanan yang dinamakan bokssam (bungkusan keberuntungan) yang dibuat dari nasi gulung yang dibungkus kim (rumput laut kering). Bokssam adalah makanan ringan yang dibuat untuk dimakan ketika berpiknik atau sebagai bekal perjalanan. Di tengah-tengah variasi baru gimbap yang saat ini bermunculan, terdapat gimbap yang dianggap paling asli di Korea, yaitu Chungmu gimbap yang berasal dari Chungmu di pesisir selatan Semenanjung Korea. Chungmu gimbap tidak memiliki isi melainkan hanya berupa nasi gulung rumput laut yang disajikan dengan kimchi dan cumi-cumi.

Bahan[sunting | sunting sumber]

Bahan untuk membuat gimbap adalah nasi, daging dan sayuran. Nasi putih dibumbui garam dan minyak wijen atau minyak perilla. Isinya pun beragam, mulai dari ikan, daging kepiting, telur, daging iga sapi, kimchi, keju, tuna dan sebagainya. Sedangkan bahan sayuran adalah ketimun, bayam, wortel dan danmuji (acar lobak). Setelah semua isi digulung, biasanya diiris pisau sampai 8 potongan seukuran gigitan.

untuk melihat resep dari membuat kimbap bisa di cek di [./Https://joinkuliner.com/kuliner/menjelajahi-kelezatan-kimbap-korea-resep-sejarah-dan-tips-membuat-kimbap-sempurna/ link ini]

Variasi luar negeri[sunting | sunting sumber]

Gimbap dipilih sebagai makanan terfavorit dari 100 masakan Korea oleh orang asing. Mingguan terbesar Kanada, straight.com menuliskan artikel tentang kepopuleran gimbap yang bersaing dengan sushi yang berjudul Korean kimbap rolls out of sushi's shadow.[2]

Di antara berbagai variasi gimbap, muncul versi populer yang berasal dari banyak negara, seperti French Gimbap (Prancis) dan California Gimbap (Amerika). French Gimbap dibuat berbeda dengan gimbap lain karena lembar rumput laut keringnya digulung dalam nasi sesuai selera orang Prancis yang kurang menyukai aroma rumput laut kering. California Gimbap dibuat dengan isi buah-buahan seperti alpukat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Inggris) Passport to Korean Culture. Korean Culture and Information Service - Ministry of Culture, Sports and Tourism , Seoul, Republic of Korea. 2010. hlm. 43–44. ISBN 978-89-7375-153-2 03910.  line feed character di |publisher= pada posisi 81 (bantuan)
  2. ^ (Inggris)Korean kimbap rolls out of sushi's shadow Diarsipkan 2022-12-04 di Wayback Machine.", Straight.com, Diakses pada: 7 June, 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]