Gilt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Gilts adalah suatu obligasi pemerintah yang diterbitkan oleh pemerintah Inggris, Afrika Selatan, Irlandia. Istilah "gilts" adalah berasal dari bahasa Inggris yang berarti surat utang yang diterbitkan oleh Bank of England, yang bermutu tinggi.

Gilt ini dipasarkan awalnya berasal dari kreasi Bank of England dan British national debt pada tahun 1694. Sejak tahun 1998, gilts diterbitkan oleh UK Debt Management Office (DMO) atas nama Her Majesty's Treasury yaitu semacam Departemen Keuangan kerajaan Inggris. Pemerintah kerajaan Inggris mendapatkan peringkat kredit AAA dari Standard & Poor's dan Aaa dari Moody's, juga dihargai oleh lembaga pemeringkat kredit lainnya, baik penerbitan dalam denominasi poundsterling maupun dalam denominasi valuta asing lainnya.

Gilts konvensional[sunting | sunting sumber]

Ini adalah bentuk sederhana dari obligasi pemerintah kerajaan Inggris dan merupakan porsi terbesar dari utang pemerintah. Gilts konvensional adalah merupakan obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah di mana pembayaran tunai atau kupon kepada pemegang obligasi dilakukan secara berkala setiap enam bulan hingga masa jatuh tempo obligasi, di mana pada akhir masa jatuh tempo tersebut akan dibayarkan pula pokok utang bersama dengan pembayaran kupon terakhir.

Gilt konvensional ini ditandai dengan suku bunga kupon dan masa jatuh tempo obligasi, misalnya : "4,25% Treasury Gilt 2055". Kupon pada gilts mencerminkan suku bunga pasar yang berlaku pada saat penerbitan gilt dan mengindikasikan pembayaran tunai per setiap £100 yang akan diterima oleh pemegang obligasi dalam setahunnya yang dibagi dalam dua kali pembayaran.

Secara historis, nama gilt ini merujuk pada tujuan daripada penerbitannya atau jenis saham yang diterbitkan, seperti misalnya 10,25% saham konversi 1999. Sejak tahun 2005-2006, seluruh penerbitan baru dari gilt ini disebut Treasury Gilts.

Gilts indeks[sunting | sunting sumber]

Gilt jenis ini merupakan kurang lebih seperempat dari jumlah gilt yang diterbitkan oleh pemerintah, di mana gilt indeks ini yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1981 adalah merupakan obligasi indeks yang pertama kalinya diterbitkan oleh kelompok negara maju dan hingga hari ini (2007) telah diterbitkan gilt yang mengacu pada 19 macam indeks. Pada gilt indeks, pembayaran pokok utang dan kuponnya disesuaikan sesuai dengan indeks harga ritel (Retail price index-RPI) di Inggris.

Pada bulan September 2005, pemerintah Inggris mengeluarkan gilt indeks yang terlama masa jatuh temponya yaitu "1,25% Index-linked Treasury Gilt 2055", yang masa jatuh temponya hinga tanggal 22 November 2055.

Gilts bertanggal ganda[sunting | sunting sumber]

Pada masa lampau pemerintah pernah mengeluarkan gilt dengan tanggal ganda seperti "12% Exchequer Stock 2013-2017". Ini adalah merupakan obligasi dengan hak pelunasan di mana pemerintah mempunyai hak opsi untuk melunasi obligasi ini secara penuh maupun sebagian pada saat kapanpun di antara tanggal jatuh tempo pertama dan terakhir dari gilt tersebut dengan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pemegang obligasi sekurang-kurangnya 3 bulan sebelumnya.

Gilts tanpa tanggal jatuh tempo[sunting | sunting sumber]

Saat ini terdapat 8 gilt tanpa tangal jatuh tempo yang merupakan sebagian kecil sekali dari keseluruhan utang domestik pemerintah. Gilt ini telah berusia amat tua sekali beberapa diataranya diterbitkan pada abad ke 18 sepert "consul" atau "pinjaman perang". Pelunasan obligasi ini bergantung pada keputusan pemerintah. Namun, oleh karena tuanya usia obligasi ini maka obligasi ini memiliki suku bunga kupon yang rendah sekali, sehingga tidak ada keuntungan bagi pemerintah untuk melunasinya.

Gilt Strips[sunting | sunting sumber]

Strips adalah singkatan dari Separately Traded Interest and Principal Securities. Gilts tertentu dapat digolongkan "strip" berdasarkan arus kas, bentuk pembayaran berkala bunganya dan pembayaran kempali pokok hutangnya, yang dapat diperdagangkan secara terpisah sebagai obligasi tanpa bunga atau gilt strips. Pasar gilt strip ini diwali pada tahun 1997.

Usia jatuh tempo gilt[sunting | sunting sumber]

Gilt dengan masa pendek memiliki masa jatuh tempo antara 0-7 tahun, dan menengah antara 7-15 tahun, serta panjang yaitu di atas 15 tahun.

Gilts dengan masa jatuh tempo di bawah 3 tahun juga biasa disebut sebagai "ultra pendek". Di samping itu, gilt baru yang diterbitkan pada tahun 2005 dengan masa jatuh tempo 50 tahun disebut sebagai "ultra panjang".

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]