Getsuku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Getsuku (月9, getsuku) adalah singkatan dalam bahasa Jepang yang artinya Getsuyō kuji (月曜9時, getsuyō kuji, Senin pada pukul 9 malam). Ini adalah waktu di mana sebagian besar drama TV paling populer di Jepang mengudara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Fuji TV, salah satu perusahaan penyiaran utama di Jepang, memulai menyiarkan drama-drama yang mereka anggap akan menjadi terkenal pada Senin malam. Senin adalah satu-satunya hari di mana baseball biasanya tidak dimainkan di Jepang, yang mana artinya sepanjang tahun tidak akan ada penundaan dalam penyiaran akibat ditayangkannya pertandingan baseball (yang mana karena ketenarannya di Jepang, beberapa stasiun terus menayangkannya melebihi waktu yang dialokasikan sebelumnya, sehingga menunda penayangan program berikutnya).

Meskipun semua stasiun TV biasa menayangkan drama-drama mereka pada Senin malam, Tokyo Love Story dan The 101st Marriage yang membuat tayangan jam 9 malam menjadi favorit. Fuji TV mulai menamai tayangan jam 9 malam mereka sebagai "Getsuku", dan aktor serta aktris akan diwawancarai ketika mereka tampil pertama kali di getsuku. Tak lama setelah penamaan ini dimulai, stasiun-stasiun TV yang lain mengikuti menayangkan drama-drama populer mereka pada Senin malam.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]