Gereja Kristus di Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Kristus di Indonesia
Gereja Kristus Di Indonesia (GKDI)
Negara  Indonesia
Aliran non-denominasi
Website www.gkdi.org Diarsipkan 2023-07-22 di Wayback Machine.
Sejarah
Didirikan 1990 (sebagai Jemaat Kristus Penginjilan Nusantara), 2001 (sebagai Gereja Kristus Di Indonesia)
Afiliasi
International Churches of Christ www.disciplestoday.org Diarsipkan 2020-11-01 di Wayback Machine.
SEA Church www.seachurchesmedia.org Diarsipkan 2023-05-28 di Wayback Machine.
HOPE Worldwide www.hopeww.org Diarsipkan 2022-04-01 di Wayback Machine.
HOPE Worldwide Indonesia www.hopeindonesia.org Diarsipkan 2023-06-10 di Wayback Machine.

Gereja Kristus Di Indonesia (disingkat GKDI) adalah suatu organisasi gereja Kristen Protestan di Indonesia yang berpusat di Jakarta. "Gereja Kristus Di Indonesia" bergerak dalam aliran "non-denominasi" (yaitu tidak terikat pada denominasi Kristen manapun).

Gereja Kristus Di Indonesia (disingkat GKDI) adalah gereja Kristen Protestan di Indonesia yang berafiliasi dengan International Church of Christ (ICOC). Gereja ini tersebar di 35 kota di seluruh Indonesia, dengan pusatnya di Jakarta. Hingga tahun 2021, jumlah jemaatnya sudah mencapai lebih dari 6000 orang. Gereja ini dipimpin oleh Pdt. Harliem Salim.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

1990 - 1993: Masa-Masa Awal[sunting | sunting sumber]

Sejarah GKDI dimulai pada 1 April 1990. Sebuah tim misi berjumlah 9 orang memulai penginjilan di Jakarta, 5 di antaranya berasal dari Indonesia dan 4 dari Malaysia. Kebaktian dimulai di ruang tamu sebuah rumah di daerah Jakarta Pusat.

Pada awalnya, jemaat bernaung di bawah Gereja Elim Tabernakel di daerah Jakarta Pusat dan nama yang diberikan adalah Jemaat Kristus Penginjilan Nusantara (JKPN). Kata Jemaat menunjukkan bahwa JKPN ini bernaung dalam sebuah gereja.

Jumlah jemaat terus bertambah, sehingga kebutuhan pemimpin pun meningkat. Pada tahun 1992, pasangan pelayan ICOC Singapura, yakni John dan Karen Louis, datang untuk memimpin gereja dan melatih pemimpin jemaat Jakarta.[1] Hasilnya pun segera terlihat. Tahun 1993, jemaat bertumbuh menjadi 280 orang.

Pula, pada periode ini, misi ke seluruh Indonesia pun dimulai. John Louis memperkenalkan Operasi Penginjilan Nusantara (OPN) untuk menginjili pulau-pulau utama Indonesia: Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Surabaya[2] menjadi kota berikut untuk penanaman gereja, dimulai pada Oktober 1992.

1994-1998: Misi ke Kota-Kota Besar di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Tahun 1994 menjadi titik awal tersebarnya jemaat ke luar pulau Jawa. Dimulai dengan Medan[3] (1994), kemudian Manado[4] (1995), lalu Bogor, Tangerang, dan Bekasi [5](1995), dan diikuti dengan Denpasar,[6] Pontianak,[7] lalu Bandung [8](1996).

Pada tahun 1996, terjadi pergantian kepemimpinan di dalam gereja. John dan Karen Louis pindah ke jemaat Australia, sedangkan Harliem dan Vania Salim kini memegang kepemimpinan jemaat di Indonesia. Di tahun 1998, tahap pertama Operasi Penginjilan Nusantara pun tuntas dengan dikirimnya misi ke Jayapura,[9] Papua.

1999: Berdirinya GKDI sebagai Gereja yang Sah[sunting | sunting sumber]

Di dalam periode ini, Peter Smith dari Milwaukee, Amerika Serikat, datang untuk membantu misi di Indonesia. Selain terlibat dalam misi, dia juga bekerja sebagai pengajar bahasa Inggris. Salah satu peran penting Peter Smith adalah membantu JKPN berdiri sendiri dan menjadi institusi yang sah di mata hukum, serta diakui pemerintah. Setelah sembilan tahun berdiri, pada tahun 1999 JKPN resmi berganti nama menjadi Gereja Kristus di Indonesia (GKDI).

2000-2009: Misi ke Kota-Kota Lain dan Berdirinya Gereja Pusat[sunting | sunting sumber]

Awal era 2000an pendirian gereja-gereja baru terus bergerak. Tahun 2000, misi bertolak ke Batam.[10] Ini diikuti pada 2002 dengan pengiriman misi ke Semarang[11] dan Yogyakarta.[12] Kemudian, tahun 2005, misi di Nias [13] dimulai.

Pada tahun 2006, GKDI meraih suatu pencapaian yang istimewa. Gedung gereja pusat di lantai F3 Menara Kuningan, Jakarta, telah selesai dibangun. Sejak saat itu, jemaat Jakarta memiliki gedung gereja yang tetap untuk beribadah.

2009-2017: Asian Discipleship Summit, GKDI tersebar di 35 kota[sunting | sunting sumber]

Tahun 2009 ditandai dengan berdirinya gereja di 5 kota baru: Makassar,[14] Manokwari,[15] Solo,[16] Pekanbaru,[17] dan Pangkalpinang.[18] Tahun 2010, misi berlanjut ke Cirebon,[19] Jambi,[20] Balikpapan,[21] Palembang,[22] dan Ambon.[23]

Dua konferensi besar pada masa ini berlangsung di Bali: Single International Conference tahun 2012 dan Asian Discipleship Summit pada tahun 2016. Di kedua konferensi tersebut, Indonesia menjadi tuan rumahnya, dengan peserta yang hadir berasal dari mancanegara.

Pada tahun 2018, dengan dikirimnya misi ke kota Magelang,[24] gereja GKDI genap berada di 35 kota di Indonesia.

2018-Sekarang: Media Sosial, Ibadah Online, dan Kota-Kota Misi Baru[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2018, GKDI mulai memperkenalkan dirinya melalui platform media sosial. Mulai dari website,[25] blog,[26] Facebook,[27] Instagram,[28] Youtube,[29] hingga saat ini merambah ke TikTok.[30] Melalui akun-akun ini, GKDI aktif membagikan konten-konten rohani secara rutin.

Ketika pandemi Covid-19 melanda pada tahun 2020, aktivitas gereja berpindah ke ranah digital. Ibadah dan penginjilan banyak dilakukan secara online. Kabar baiknya, orang-orang yang berdomisili di kota yang belum ada gereja secara fisik, dapat bergabung ke dalam ibadah-ibadah online yang ada.

Dengan meredanya pandemi di akhir 2021, perlahan-lahan ibadah beralih dari online ke hybrid (gabungan ibadah fisik dan online). Kemudian, tahun 2022, pengiriman misi pun mulai dilakukan kembali. Kota-kota tersebut adalah Samarinda, Bintaro, Cibubur, Binjai, Timika, Kupang, Balige, Tanjung Pinang, dan Bengkulu.

Pelayanan[sunting | sunting sumber]

Selain melayani dalam kerohanian dan konseling keluarga, GKDI juga berkontribusi dan membantu masyarakat umum, seperti mendukung HOPE Worldwide Indonesia dan Haggai Institute. HOPE Worldwide Indonesia adalah sebuah NGO (Non Governmental Organization) atau lembaga swadaya masyarakat yang sudah terdaftar di badan PBB.

Anggota jemaat GKDI terlibat aktif bersama HOPE Worldwide Indonesia untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial di seluruh Indonesia. Kegiatan-kegiatannya mencakup: aksi donor darah, Walkathon (jalan sehat massal), membantu korban bencana, konseling pemulihan bencana, dan membantu edukasi untuk orang-orang yang tidak mampu (English Training Center, Terampil Digital, dan Saturday Academy).

Lebih lanjut tentang aktivitas HOPE Worldwide Indonesia dapat dilihat dalam website HOPE Diarsipkan 2023-06-10 di Wayback Machine. ini.

Keyakinan[31][sunting | sunting sumber]

Keyakinan Gereja Kristus Di Indonesia adalah sebagai berikut:

Kedaulatan Tuhan[sunting | sunting sumber]

  • Yesus sebagai satu-satunya jalan, kebenaran dan hidup (Yohanes 14:6).
  • Alkitab sebagai satu-satunya firman Allah (2 Timotius 3:16-17), dan oleh karena itu kita harus mentaati Firman-Nya.

Keselamatan[sunting | sunting sumber]

  • Pertobatan dan baptisan diperlukan sebagai bagian dari pengampunan dosa dan untuk menerima karunia Roh Kudus (Kis 2:38).
  • Keselamatan adalah merupakan kasih karunia melalui iman, bukan oleh pekerjaan baik (Efesus 2:8).

Hubungan dengan Tuhan[sunting | sunting sumber]

  • Yesus harus menjadi Tuhan atas waktu kita, uang kita, dan hubungan-hubungan yang kita miliki (Lukas 14:25-33).
  • Kita harus mengasihi Tuhan dengan segenap hati, segenap jiwa, segenap pikiran, dan dengan segenap kekuatan (Markus 12:28-30).

Kewajiban Kami[sunting | sunting sumber]

Kita harus mengasihi sesama sebagaimana kita mengasihi diri sendiri

(Markus 12:28-31, 1 Petrus 1:22).

Termasuk, namun tidak dibatasi oleh:

  • Mendedikasikan diri kita kepada hubungan satu sama lain (Roma 12:10).
  • Saling membantu satu sama lain untuk menjadi dewasa dalam Kristus dan untuk menjadi seperti Kristus (Kolose 1:28).
  • Mengasihi yang miskin (Matius 25:31-46),
  • Mencari dan menyelamatkan yang hilang (Matius 28:18-20, 2 Petrus 3:9).

Kegiatan-Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Gereja GKDI memiliki kegiatan-kegiatan sebagai berikut.

Ibadah Minggu[sunting | sunting sumber]

Gereja GKDI memiliki ibadah Minggu dengan jadwal sesuai kota masing-masing. Untuk lebih lengkapnya, dapat dilihat di website resmi gkdi.org. Diarsipkan 2023-07-22 di Wayback Machine.

Pertemuan Diskusi Alkitab (PDA)[sunting | sunting sumber]

Pertemuan Diskusi Alkitab (PDA) Diarsipkan 2023-04-02 di Wayback Machine. adalah sebuah persekutuan untuk mendiskusikan firman Tuhan serta aplikasinya dalam kehidupan kita sehari-hari. Pertemuan ini biasanya terdiri dari sepuluh orang atau lebih.

Biasanya PDA ini dibagi berdasarkan lokasi tempat tinggal, pekerjaan, serta kelompok usia, seperti remaja, mahasiswa, sudah bekerja (single), menikah, serta lanjut usia. PDA ini terbuka untuk umum. Siapa saja boleh bergabung di dalamnya.

Belajar Alkitab (Personal Bible Study)[sunting | sunting sumber]

Personal Bible Study Diarsipkan 2023-08-02 di Wayback Machine. adalah kegiatan mempelajari Alkitab secara personal. Bersama dengan pengajar, dan 1-2 orang dari komunitas, orang yang mengikuti personal Bible Study akan dibantu untuk memahami dan melakukan firman Tuhan.

Pembimbingan dalam Grup (PDG)[sunting | sunting sumber]

Pembimbingan Dalam Grup (PDG) adalah pembimbingan khusus untuk anggota jemaat yang dilakukan dalam grup kecil. Tujuan PDG ini adalah untuk membangun tiap-tiap anggota jemaat agar bertumbuh secara rohani.

Kelas dan Seminar[sunting | sunting sumber]

Kelas atau seminar diadakan untuk memperlengkapi dan menumbuhkan jemaat secara rohani. Topik yang dibahas bermacam-macam, seperti kepemimpinan, pernikahan, parenting, keuangan, character building, dan lain-lain. Semuanya dibahas dari sudut pandang Alkitab.

Retreat[sunting | sunting sumber]

Retreat adalah kegiatan dimana pesertanya sementara beristirahat dari kesibukan sehari-hari, untuk dapat mendekatkan diri kepada Tuhan.

Konferensi[sunting | sunting sumber]

Konferensi adalah kegiatan yang diadakan untuk gathering jemaat, baik dalam lingkup regional maupun internasional. Tujuannya adalah untuk mempelajari firman Tuhan bersama-sama dan dapat berkenalan dengan sesama anggota jemaat dari kota atau negara yang berbeda.

Ministry[sunting | sunting sumber]

GKDI memiliki kelompok pelayanan yang disesuaikan dengan usia dan kebutuhan jemaat.

Kerajaan Kanak-Kanak (KKK)[sunting | sunting sumber]

Kerajaan Kanak-Kanak atau KKK[32] merupakan kelompok pelayanan sekolah minggu untuk anak-anak, mulai dari usia 2 tahun hingga 10 tahun (kelas 4).

Grup Remaja (Preteens dan Teens)[sunting | sunting sumber]

Grup Remaja [33] merupakan kelompok pelayanan untuk remaja berusia 10 -18 tahun (kelas 5 sampai kelas 12).

Grup Campus[sunting | sunting sumber]

Grup Campus[34] merupakan kelompok pelayanan untuk mereka yang sedang menjalani pendidikan di perguruan tinggi.

Grup Single[sunting | sunting sumber]

Grup Single[35] merupakan kelompok pelayanan untuk kalangan dewasa muda (di atas 18 tahun) yang belum menikah.

Grup Menikah[sunting | sunting sumber]

Grup menikah[36] merupakan kelompok pelayanan untuk orang-orang yang sudah menikah.

Precious Woman[sunting | sunting sumber]

Precious Woman merupakan kelompok pelayanan khusus untuk wanita single dewasa (berusia 35 tahun ke atas).

Pria Ilahi dan Wanita Allah[sunting | sunting sumber]

Pria Ilahi dan Wanita Allah[37] merupakan kelompok pelayanan untuk jemaat berusia 50 tahun ke atas.

Emptiness[sunting | sunting sumber]

Emptiness merupakan kelompok pelayanan untuk jemaat berusia 70 tahun ke atas.

Pelayanan Khusus[sunting | sunting sumber]

Selain kelompok pelayanan berdasarkan usia di atas, Gereja Kristus di Indonesia juga memiliki kelompok pelayanan khusus, seperti:

Usher[sunting | sunting sumber]

Usher merupakan pelayanan yang bertugas untuk menyambut dan melayani jemaat. Dalam prakteknya, usher menyapa, mengarahkan jemaat untuk dapat menemukan tempat duduk, menjalankan persembahan, serta melayani dalam perjamuan kudus. Tujuannya adalah agar jemaat merasa diterima dan dapat beribadah dengan nyaman.

Caring Team[sunting | sunting sumber]

Caring team merupakan pelayanan doa dan kunjungan apabila ada jemaat yang sedang sakit, mengalami musibah, kehilangan anggota keluarga, atau meninggal dunia. Tim ini dibentuk agar mereka dapat merasa diperhatikan, dengan harapan bisa membantu meringankan beban mereka.

Multimedia[sunting | sunting sumber]

Multimedia merupakan bidang pelayanan yang berkaitan dengan fasilitas audiovisual dan sound system untuk mendukung ibadah pada hari Minggu.

Song Ministry[sunting | sunting sumber]

Song Ministry adalah pelayanan pujian dan penyembahan ibadah. Tim ini meliputi Worship Leader (WL), penyanyi, dan pemusik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "GKDI JAKARTA – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-02. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  2. ^ "GKDI SURABAYA – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-04. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  3. ^ "GKDI MEDAN – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-02. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  4. ^ "GKDI MANADO – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-02. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  5. ^ "GKDI BEKASI – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-02. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  6. ^ "GKDI BALI – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-04. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  7. ^ "GKDI PONTIANAK – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-04. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  8. ^ "GKDI BANDUNG – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-02. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  9. ^ "GKDI JAYAPURA – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-04. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  10. ^ "GKDI BATAM – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-02. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  11. ^ "GKDI SEMARANG – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-04. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  12. ^ "GKDI YOGYAKARTA – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-04. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  13. ^ "GKDI NIAS – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-04. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  14. ^ "GKDI MAKASSAR – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-04. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  15. ^ "GKDI MANOKWARI – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-04. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  16. ^ "GKDI SOLO – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-02. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  17. ^ "GKDI PEKANBARU – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-02. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  18. ^ "GKDI BANGKA (PANGKAL PINANG) – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-02. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  19. ^ "GKDI CIREBON – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-02. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  20. ^ "GKDI JAMBI – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-04. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  21. ^ "GKDI BALIKPAPAN – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-03. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  22. ^ "GKDI PALEMBANG – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-02. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  23. ^ "GKDI AMBON – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-04. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  24. ^ "GKDI MAGELANG – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-22. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  25. ^ "GKDI – Gereja Kristus Di Indonesia" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-22. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  26. ^ "GKDI - Gereja Kristus di Indonesia - Blog". GKDI - Gereja Kristus di Indonesia (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-01. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  27. ^ "GKDI - Gereja Kristus Di Indonesia". www.facebook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-09. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  28. ^ "Gereja Kristus Di Indonesia (@gkdiofficial) • Foto dan video Instagram". www.instagram.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-09-09. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  29. ^ "GKDI Official - YouTube". www.youtube.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-10. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  30. ^ "https://www.tiktok.com/@gkdiofficial?lang=en". www.tiktok.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-04. Diakses tanggal 2022-09-09.  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  31. ^ "Our Beliefs – GKDI" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-02. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  32. ^ "GKDI Kids' Kingdom Ministry (KKK)". GKDI - Gereja Kristus di Indonesia (dalam bahasa Inggris). 2019-12-02. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-05. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  33. ^ "GKDI Teens Ministry". GKDI - Gereja Kristus di Indonesia (dalam bahasa Inggris). 2019-12-17. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-05. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  34. ^ "GKDI Campus Ministry". GKDI - Gereja Kristus di Indonesia (dalam bahasa Inggris). 2019-12-18. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-06. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  35. ^ "GKDI Singles & Professional Ministry". GKDI - Gereja Kristus di Indonesia (dalam bahasa Inggris). 2019-11-27. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-05. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  36. ^ "GKDI Married Ministry". GKDI - Gereja Kristus di Indonesia (dalam bahasa Inggris). 2019-12-18. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-02. Diakses tanggal 2022-09-09. 
  37. ^ "GKDI Elderly Ministry". GKDI - Gereja Kristus di Indonesia (dalam bahasa Inggris). 2019-12-03. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-05. Diakses tanggal 2022-09-09. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]