Gerakan Tangwai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gerakan Tangwai
Hanzi tradisional: 黨外
Hanzi sederhana: 党外
Makna harfiah: Luar partai
Politikus Tangwai (Independen) kelahiran Taiwan Wu San-lien (kedua dari kiri) merayakan kemenangan longsornya (65.5%) dalam pemilihan wali kota pertama Kota Taipei pada Januari 1951 dengan para pendukungnya.

Gerakan Tangwai, singkatnya Tangwai (Hanzi sederhana: 党外; Hanzi tradisional: 黨外; Pinyin: Dǎngwài), adalah sebuah gerakan politik di Republik Tiongkok (Taiwan) pada pertengahan 1970an dan awal 1980an. Meskipun Kuomintang (KMT) telah membolehkan pemilihan bersaing untuk sejumlah kecil kursi dalam Legislatif Yuan, partai-partai oposisi masih dilarang. Akibatnya, beberapa lawan KMT, yang secara resmi diklasifikasikan sebagai independen, maju dan terpilih sebagai anggota "luar partai."

Karena mayoritas kursi dalam Yuan Legislatif dipegang oleh para delegasi yang disiapkan untuk mewakili konstituensi-konstituensi di Tiongkok daratan, yang terpilih pada 1947 dan setelah itu dilantik (karena "elektorat" di Tiongkok daratan tak dapat memberikan suara dalam sebuah pemilihan di Taiwan), menunda janji perebutan kembali Tiongkok daratan, gerakan Tangwai tak memiliki kemungkinan untuk meraih kekuasaan. Namun, mereka dapat memakai legislatur tersebut sebagai sebuah forum untuk memperdebatkan pemerintahan KMT.

Para anggota gerakan Tangwai membentuk Partai Progresif Demokrat pada tahun 1986. Meskipun masih ilegal, KMT tak mengambil tindakan melawan partai tersebut dan partai tersebut dilegalisir pada 1991. Beberapa politikus terkini di Taiwan, terutama mantan Presiden Chen Shui-bian dan Wakil Presiden Annette Lu, aktif dalam gerakan Tangwai.[1]

Para anggota Tangwai, termasuk Shih Ming-teh dan Lin Yi-hsiung, sering kali dilecehkan atau ditahan oleh pemerintah, khususnya saat Insiden Kaohsiung tahun 1979.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-27. Diakses tanggal 2017-11-27.