Gerak diri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Gerak diri sebuah bintang adalah perubahan sudut posisinya sepanjang waktu yang dilihat dari pusat massa tata surya.[1] Gerak diri dihitung dalam satuan detik busur per tahun, arcsec/tahun, ketika 3600 detik busur sama dengan satu derajat.[2] Ini berbeda dengan kecepatan radial, yang merupakan kecepatan dari suatu benda dalam arah segaris menjauhi atau mendekati pengamat, biasanya diukur dengan perpindahan Doppler terhadap radiasi yang diterima. Gerak diri tidak semuanya "diri sendiri" (khusus pada bintang) karena meliputi suatu komponen akibat gerak dari tata surya itu sendiri.[3]

Hubungan antara gerak diri dan komponen kecepatan obyek. Obyek terletak d dari Matahari, dan bergerak pada kecepatan sudut μ radian/dtk, sehingga, μ = vt / d dengan vt = kecepatan melintang menuju garis pandang dari Matahari. (Diagram ini mengilustrasikan sudut μ yang hilang dalam satuan waktu pada kecepatan tangensial vt.)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Theo Koupelis, Karl F. Kuhn (2007). In Quest of the Universe. Jones & Bartlett Publishers. hlm. 369. ISBN 0763743879. 
  2. ^ Simon F. Green, Mark H. Jones (2004). An Introduction to the Sun and Stars. Cambridge University Press. hlm. 87. ISBN 0521546222. 
  3. ^ D. Scott Birney, Guillermo Gonzalez, David Oesper (2007). Observational astronomy. Cambridge University Press. hlm. 73. ISBN 0521853702. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]