George Loftus Noyes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Meadows in Winter from the Widener University Art Museum Alfred O. Deshong Collection

George Loftus Noyes (1864–1954) adalah seorang seniman kelahiran Kanada yang memperoleh ketenaran di awal abad ke-20 sebagai seorang Impresionis Amerika. Noyes lahir di Bothwell, Ontario dan meninggal di Peterborough, New Hampshire. Kedua orang tua Noyes adalah warga negara Amerika. Dia adalah anggota terkemuka dari Sekolah Boston dari Impresionisme.

Ia belajar di Massachusetts Normal School dengan George Bartlett pada awal 1880-an dan di Prancis di Académie Colarossi di Paris antara 1890-93. Jean Andre Rixens sangat memengaruhinya. Rixen secara khusus memengaruhi lukisan lukisan benda mati sang seniman.

Dia adalah pelukis lanskap dan lukisan benda mati yang sangat dihormati di Boston pada awal 1900-an. Ketenarannya memudar setelah kematiannya, tetapi kualitas karyanya baru-baru ini mendapatkan pengakuan yang meningkat.

Noyes dipamerkan di Pennsylvania Academy of Fine Arts, Institut Seni Chicago dan Galeri Corcoran di Washington, DC. Dia adalah anggota dari beberapa asosiasi Seni, termasuk North Asosiasi Seni Pantai, Masyarakat Seni Boston, dan Persekutuan Seniman Boston.

Pada tahun 1901, Noyes mengajar selama musim panas di Annisquam, Massachusetts, dan menjadi guru awal untuk Newell Convers Wyeth, ayah dari Andrew Wyeth dan kakek dari Jamie Wyeth. N.C Wyeth juga belajar dengan Noyes pada tahun 1921, dengan mengatakan "Pengetahuan warnanya luar biasa dan saya pikir dia akan memberi saya banyak bantuan pada saat ini". Dia terutama bekerja dan melukis di Fenway Studios di 30 Ipswich Street di Boston. Artis Boston terkemuka lainnya yang bekerja di Fenway Studios pada periode itu termasuk Marion Boyd Allen, Lilla Cabot Perry, Joseph Decamp, Philip Hale, Lilian Westcott Hale , Charles Hopkinson, György Kepes, William Kaula, Lee Lufkin Kaula, Lillian dan Leslie Prince Thompson, William McGregor Paxton , Marion L. Pooke, Edmund Charles Tarbell, dan Mary Bradish Titcomb.[1]

Kebakaran gudang pada tahun 1939 menghancurkan ratusan karyanya, menjerumuskan Noyes ke dalam depresi berat pada usia 75 tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "History of Fenway Studios". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-20. Diakses tanggal 8 January 2017.