George Harrison Shull

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

George Harrison Shull (lahir di Clark County, Ohio, 15 April 1874 – meninggal di Princeton, New Jersey, 28 September 1954 pada umur 80 tahun) adalah pakar genetika dan pemuliaan tanaman. Ia dikenal sebagai penggagas komersialisasi varietas hibrida.

Shull lahir dari keluarga petani dan mengalami kesulitan pada masa kecilnya untuk mengikuti sekolah karena harus bekerja. Walaupun demikian, ia berhasil kuliah di Antioch College (lulus 1901) dan meraih Ph.D. dari Universitas Chicago (1904), melalui penelitian yang dilakukan di United States Bureau of Plant Industry (Badan Federal AS urusan Industri Tanaman) dari tahun 1903 dan 1904. Setelah meraih doktor, ia bekerja sebagai peneliti botani di Stasiun Penelitian Evolusi Percobaan, Lembaga Carnegie, yang berlokasi di Cold Spring Harbor, New York. Di sinilah ia menggarap data hasil penelitian Luther Burbank, seorang pemulia tanaman yang gemar menyilangkan berbagai tanaman dengan tujuan mendapatkan suatu jenis yang "eksotis".

"Paket" teknologi yang diusulkan Shull untuk memanfaatkan varietas hibrida memiliki dampak yang luar biasa terhadap hasil pertanian modern, bahkan hingga sekarang. Gagasan ini semula ditentang oleh kolega sekaligus saingannya, Edward M. East, yang juga mendapatkan hasil yang sama dalam penelitian persilangan terhadap jagung. Alasannya, biaya yang diperlukan terlalu besar. Baru setelah East membaca proposal dan hasil penelitian Shull, East mengakui bahwa rekannya benar belaka.

Shull memberi penjelasan genetik terhadap gejala heterosis, gejala yang menyebabkan hasil tinggi yang ditunjukkan oleh varietas hibrida. Shull juga pendiri jurnal genetika terkemuka, Genetics.

Anaknya, Harrison Shull, (1923-2003), adalah ilmuwan terkemuka di Amerika Serikat yang mendalami mekanika kuantum pada spektra elektronik molekul kecil.