Geoffroi I dari Provence

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Geoffroi I atau Josfred[1] (wafat Pebruari antara tahun 1061 dan 1063) merupakan pangeran Provence yang memimpin bersama-sama dengan abangnya Guillaume IV dan Foulques dari tahun 1018 sampai kematiannya. Ia adalah putra ketiga Guillaume II dari Provence dan Gerberga dari Mâcon dan dari garis keturunan muda di dalam keluarga. Kemungkinan ia tidak memiliki gelar "count" sampai kematian abangnya yang tertua Guillaume pada sekitar tahun 1032.

Ia menjadi Pangeran Arles pada tahun 1032, ia dan Foulques menyumbang ke Biara Cluny pada tanggal 26 Mei 1037. Selama kakandanya masih hidup, ia merupakan kedua darinya. Atas kematian kakandanya, ia menjadi pemimpin tunggal dengan gelar marchyo sive comes Provincie. Gelar marchio (markraf) yang berarti bahwa ia merupakan pemimpin wangsa tersebut.

Ia adalah pembangun besar gereja di wilayahnya, yang hancur pada abad sebelumnya oleh serangan Saracen. Ia merestorasi biara Sparro, yang telah dihancurkan oleh mereka, dan memberinya pada keuskupan Aix. Mengikuti contoh dari hampir semua leluhurnya, ia adalah pelindung Santo Victorius di Marseille. Pada tahun 1045, ia menyetujui sumbangan dari salah satu pengikutnya ke biara dan pada bulan Maret 1048 pada pemindahan properti dari Raimbaud, Uskup Agung Arles, ke gereja. Pada tanggal 1 Juli 1055 dan lagi pada tahun 1057, dengan istrinya Stephanie dan putranya Guillaume V Bertrand , ia sendiri mendonasikan properti ke Santo Victorius. Akan tetapi patronasenya melebihi para pendahulunya. Ia meninggalkan hak-haknya atas wilayah viscount manapun di Marseilles, Foulques, berniat untuk menyumbang ke biara pada tahun 1044, dan pada tahun 1032 ia telah sepakat mengembalikan wilayah-wilayah itu ke gereja sebagai jatah. Pada tahun 1038, ia menyerahkan hak-hak comital yang telah menjadi milik istananya sejak pada masa pemerintahan kakek buyutnya Guillaume sang Pembebas kepada kaki tangannya, kehilangan kendali banyak kastil dan benteng. Fisc, yang berada dibawah kendali pangeran-pangeran Provence sejaka masa pemerintahan Guillaume, kebanyakan dijadikan sebagai distribusi kepada para pengikutnya selama masa Geoffroi dan melemahkan provinsi Provence sebagai persatuan nasional dapat diketahui dari tanggal pada masa pemerintahannya. Bahkan ketika Rodolphe III dari Burgundia, maharajanya, menjual sisa-sisa hak atas beberapa vila kerajaan, Geoffroi memberikannya sebagai jatah perseroan.

Geoffroi digantikan oleh putranya Bertrand. Seorang putri menjadi istri pertama Raymond IV dari Toulouse, putri yang lainnya, Stephanie, menikahi Guillaume II dari Besalú dan yang ketiga adalah Gerberga, yang menikahi Gilbert I dari Gévaudan.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Also spelled Jauffred, Jozfred, Gosfred, or Gausfred.

Sumber[sunting | sunting sumber]