Gentoku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Zaman Gentoku (元徳 ?) adalah nama zaman di Jepang setelah zaman Karyaku, sebelum zaman Genkō (menurut Istana Selatan), dan berlangsung dari tahun 1329 hingga tahun 1330. Di masa pemerintahan Kaisar Go-Daigo. Pangeran Morikuni menjabat shogun di Keshogunan Kamakura, dan shikken dijabat Hōjō Moritoki.

Setelah nama zaman diubah menjadi zaman Genkō, Kaisar Go-Daigo dibuang ke Oki karena memimpin pemberontakan untuk menggulingkan Keshogunan Kamakura (Insiden zaman Genkō). Kaisar Kōgon dari garis keturunan Jimyōin mendirikan Istana Utara (Dinasti Utara), dan Jepang berada dalam zaman Nanboku-cho (zaman Dinasti Utara-Dinasti Selatan). Kaisar Kōgon menyebut masa pemerintahan sebagai zaman Gentoku hingga tahun 1331, dan mengganti nama zaman menjadi zaman Shōkyō (zaman Shōkei) pada tahun 1332.

Pergantian zaman[sunting | sunting sumber]

  • Nama zaman diganti menjadi zaman Gentoku sejak Karyaku tahun 4 bulan 8 hari 29 (22 September 1329 kalender Julian) karena terjadi wabah penyakit.
  • Nama zaman diganti menjadi zaman Genkō pada Gentoku tahun 3 bulan 8 hari 9 (1 September 1331 kalender Julian) oleh garis keturunan Daikakuji (Istana Selatan)
  • Gentoku tahun 4 bulan 4 hari 28, garis keturunan Jimyōin (Istana Utara) mengubah nama zaman menjadi zaman Shōkyō (zaman Shōkei).

Peristiwa zaman Gentoku[sunting | sunting sumber]

Tabel[sunting | sunting sumber]

Gentoku 1 2 3 4
Tahun Masehi 1329 1330 1331 1332
Gentoku (Dinasti Utara) - - 1 2


Didahului oleh:
Karyaku
Nama zaman di Jepang Diteruskan oleh:
Dinasti Selatan: Genkō
Dinasti Utara: Shōkyō (Shōkei)