Gauleiter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Gauleiter adalah pemimpin cabang regional partai NSDAP atau kepala Gau atau sebuah Reichsgau. Dalam bahasa Jerman, Leiter berarti pemimpin, sementara Gau adalah kata tua untuk Reich. Gelar Gauleiter pertama kali ada tahun 1925.

Lencana[sunting | sunting sumber]

lencana kendaraan untuk seorang Gauleiter

Lencana untuk pangkat Gauleiter berbentuk dua daun ek yang dipasaang di kerah, sedangkan Stellvertreter-Gauleiter (Deputi-Gauleiter), hanya memakai satu daun ek.

Semua pemimpin politik yang bekerja di tingkat Gau memiliki lencana kerah berbentuk jajar genjang berwarna merah (bukan coklat), dengan bagian tepi luar berwarna merah gelap.

Lencana kerah tingkat Reich memiliki warna merah cerah, dengan garis emas; lencana tingkat Kreis berwarna cokelat gelap, dengan garis putih, sementara lencana tingkat Ort berwarna cokelat muda dengan garis biru muda. Sistem lencana kerah untuk para pemimpin politik cukup rumit dan mengalami empat kali perubahan (Semakin rumit setiap mengalami perubahan); Pola terakhir (keempat) seperti dijelaskan di atas, diperkenalkan sekitar akhir tahun 1938-saat ini, dengan lebih banyak posisi di setiap tingkatan membuat pola keempat menjadi sistem yang palin rumit di antara yang lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Westermann, Großer Atlas zur Weltgeschichte