Gacek (kucing)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gacek berjalan di sekitar jalanan Szczecin.

Gacek adalah kucing domestik jantan dengan bulu hitam putih, yang pada tahun 2020-2023 menjadi salah satu atraksi wisata kota Szczecin dengan rating tertinggi di Google Maps[1].

Ketenaran hewan ini dimulai ketika seorang turis Jerman mengunggah video yang menceritakan kisah Gacek di Youtube menjadi viral dan mencapai 4,5 juta penayangan [2] . Gacek adalah kucing liar, tetapi ia paling sering ditemukan beristirahat di bilik kayu yang dibangun khusus untuknya di jalan Kaszubska, di pusat kota Szczecin [3] . Kucing tersebut menarik perhatian wisatawan, termasuk orang asing. Beberapa wisatawan mengunjungi Szczecin khusus untuk bertemu Gacek, yang disebut "Raja Jalanan Kaszubska" [3] .

Reuters menjuluki Gacek sebagai "Kim Kardashian dunia kucing,", karena banyaknya suvenir bertema Gacek yang dijual di sekeliling jalan Kaszubska [4] . Berbagai media internasional seperti The Washington Post Amerika [5], India Times India dan The New Zealand Herald (Selandia Baru) [6] juga menulis tentang Gacek.

Pada tanggal 20 Maret 2023, terjadi percobaan penculikan terhadap Gacek. Upaya penculikan tersebut gagal dikarenakan Gacek bersembunyi di bawah mobil terdekat, dan sang penculik melarikan diri [7] .

Pada April 2023, Gacek dirawat di Lembaga Perawatan Hewan Polandia (Towarzystwo Opieki nad Zwierzętami w Polsce - TOZ) dan sementara tidak dapat ditemui di jalanan. Gacek terpaksa harus dirawat di TOZ akibat menderita obesitas.Beratnya mencapai 10 kg, jauh di atas berat kucing normal yang berkisar antara 5-6 kg [8] . Kucing ini juga mengidap beberapa ganguan kesehatan lain, seperti radang gusi dan radang sendi. Saat ini, ia diawasi oleh dokter hewan profesional untuk menjalani terapi pelangsingan [9] dan tidak bisa ditemui berkeliaran bebas di Jalan Kaszubska untuk sementara waktu.[10] .

Atas ketenaran Gacek, pemerintah kota Szczecin mengajukan proyek untuk memperingati Gacek si Kucing melalui sebuah monumen dan papan informasi, serta pengebirian 500 kucing liar di awal tahun 2024. Biaya proyek ini diperkirakan sebesar 180.000 Złoty [11] .

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kot Gacek · Kaszubska 16, 71-899 Szczecin, Polandia". Kot Gacek · Kaszubska 16, 71-899 Szczecin, Polandia. Diakses tanggal 2023-08-29. 
  2. ^ [1], Daniel Tilles, "Cat becomes Polish city’s top-rated tourist attraction" 
  3. ^ a b [2], Joanna Whitehead, "Poland’s hottest tourist attraction is a fat black and white cat named Gacek" 
  4. ^ [3], Francesca Halliwell, Lynné Schoeman, Alison Williams, "'Kim Kardashian of the cat world’: Gacek draws tourists to Polish city" 
  5. ^ [4], Cathy Free, "This Polish city’s top tourist attraction? A stray cat" 
  6. ^ [5], Sarah Pollok, "Fat cat becomes top tourist attraction on Google for town in Poland" 
  7. ^ [6], Julia Zając, "Próbowała ukraść słynnego szczecińskiego kota Gacka! Na szczęście jej się nie udało" 
  8. ^ [7], Sebastian Wierciak, "Gacek na ulicę prawdopodobnie już nie wróci. Słynny kot „emeryturę” spędzi w domu. Ma specjalne zadanie: musi schudnąć" 
  9. ^ Towarzystwo Opieki nad Zwierzętami Oddział w Szczecinie 
  10. ^ [8], Magdalena Klyta, "Gacek już nie wróci na ul. Kaszubską" 
  11. ^ [9], Patryk Jaskulski, ""Wiecznie żywy kot Gacek- rzeźba kota w rozmiarze rzeczywistym wraz z tablicą informacyjno-edukacyjną oraz kastracja 500 kotów wolnożyjących". (CE/0006)"