GUID

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Globally Unique Identifier atau disingkat GUID adalah sebuah susunan angka yang bersifat pseudo-random (acak-semu) yang digunakan di dalam banyak aplikasi perangkat lunak. GUID yang dapat dibuat memang tidak dijamin unik, tapi jumlah maksimum GUID yang dapat dibuat adalah 2128, yang merupakan angka yang sangat besar sehingga kemungkinan angka yang dibuat dua kali mendekati nihil.

GUID merupakan implementasi Microsoft dari sebuah standar Open Software Foundation yang disebut sebagai Universally Unique Identifier (UUID). GUID biasanya ditulis dalam bilangan heksadesimal dengan panjang hingga 128 bit (16-byte), seperti di bawah ini:

3F2504E0 4F89 11D3 9A 0C 03 05 E8 2C 33 01 

GUID ditulis dalam format word 4-byte, 3 buah word 2-byte, dan sebuah word 6-byte, dan diapit dengan kurung kurawal { dan }. Berikut ini adalah contoh angka GUID dari bilangan di atas:

{3F2504E0-4F89-11D3-9A0C-0305E82C3301} 

Struktur GUID dari jenis data di atas adalah:

GUID STRUCT
    Data1   dd
    Data2   dw
    Data3   dw
    Data4   dw
    Data5   db 6
GUID ENDS

Dalam arsitektur Microsoft Component Object Model (COM), GUID umumnya digunakan untuk membedakan antarmuka komponen perangkat lunak yang berbeda. Hal ini, menjadikan dua versi dari komponen perangkat lunak berbeda dapat memiliki nama yang sama tapi dibedakan dari GUID yang dimilikinya.

GUID juga dapat dimasukkan ke dalam dokumen yang dibuat oleh program Microsoft Office, karena GUID dianggap sebagai sebuah objek. Bahkan, video streaming dan audio streaming yang menggunakan Advanced Streaming Format (ASF) diidentifikasi dengan menggunakan GUID.