Fungsi Möbius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Fungsi Möbius, yang dilambangkan sebagai μ(n), merupakan fungsi perkalian dalam teori bilangan. Diperkenalkan oleh seorang matematikawan Jerman bernama August Ferdinand Möbius pada tahun 1832,[i][ii][2] fungsi ini ditemukan di cabang teori bilangan elementer dan analitik, dan fungsi ini seringkali muncul sebagai bagian dari fungsi yang dinamakan dengan serupa, yaitu rumus inversi Möbius. Setelah karya Gian-Carlo Rota yang diterbitkan sekitar tahun 1960-an, perumuman dari fungsi Möbius diperkenalkan dalam kombinatorik, dan dilambangkan dengan serupa, yaitu μ(x).

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Hardy & Wright 1980, Catatan di Bab XVI):

    "... μ(n) occurs implicitly in the works of Euler as early as 1748, but Möbius, in 1832, was the first to investigate its properties systematically."

    Terjemahan:

    "... [fungsi] μ(n) muncul secara implisit dalam karya Euler yang diterbitkan paling awal, yaitu pada tahun 1748. Namun pada tahun 1832, Möbius adalah tokoh yang pertama kali menemukan sifat-sifatnya secara sistematis."

  2. ^ Dalam buku Disquisitiones Arithmeticae, Carl Friedrich Gauss memperlihatkan bahwa jumlah dari akar primitif (mod p) adalah μ(p − 1), namun ia tidak memakai fungsi tersebut lebih lanjut, khususnya fungsi inversi Möbius.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gauss 1986, Art. 81.
  2. ^ Möbius 1832, hlm. 105–123.

Sumber[sunting | sunting sumber]