Fundamental (ekonomi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Fundamental (ekonomi) dalam pengertian ekonomi terdapat dua dasar dalil kesejahteraan ekonomi, pertama menyatakan bahwa setiap kompetitif yang berdasarkan keseimbangan atau keseimbangan Walrasian mengarah ke efisien Pareto dalam alokasi sumberdaya, Kedua berkaitan dengan intervensi negara, setiap alokasi efisien yang dapat berkelanjutan dengan keseimbangan kompetitif. walau nampak terlihat simetri dari dua dalil sebenarnya dalil pertama jauh lebih umum dibandingkan dengan dalil yang kedua lebih lemah dan memerlukan asumsi lebih jauh.

Dalil-dalil[sunting | sunting sumber]

Dalil Pertama sering diambil untuk menjadi analisis konfirmasi dari Adam Smith mengenai hipotesa "invisible hand" dalam persaingan pasar yang cenderung ke arah efisiensi alokasi sumber daya. Dalil yang mendukung untuk kasus non-intervensi dalam kondisi ideal: biarkan pasar yang bekerja dan hasilnya akan terjadi efisien Pareto. Namun, dalam efisiensi Pareto belum tentu hal yang sama seperti keinginan atau bahkan lebih umum dari definisi "efisiensi" hanya menunjukkan bahwa tidak ada seorangpun yang dapat dibuat lebih makmur tanpa adanya pengorbanan dari pihak lain. Ada banyak kemungkinan yang didapat dari efisien Pareto dalam alokasi sumber daya dan tidak semua dari mereka mungkin sama-sama yang diinginkan oleh masyarakat.

Dalam kondisi ideal, secara kolektif dikenal sebagai Persaingan Sempurna akan tetapi tidak pernah ada dalam dunia nyata, seperti dalil Stiglitz, misalnya, menyatakan bahwa di hadapan baik merupakan informasi yang tidak sempurna atau pasar yang tidak lengkap bukanlah pasar efisien Pareto. Dengan demikian, sebagian besar pasar di dunia ekonomi menurut sudut pandang kondisi variasi ideal harus menjadikan faktor pilihan kebijakan. [1]

Dalil kedua yang menyatakan bahwa kedua dari infinity semua kemungkinan efisien Pareto dapat dicapai hasil tertentu oleh satu menjadikan benjolan-jumlah kekayaan kembali kemudian membiarkan pasar mengambil alih. kasus ini muncul untuk melakukan intervensi agar memiliki tempat dalam kebijakan yang sah, redistribusi, agar dapat membantu untuk memilih dari antara semua hasil dengan efisien yang memiliki fitur-fitur lain yang diinginkan, seperti distribusional pemerataan. namun, hal ini juga tidak jelas bagaimana dalam setiap dunia nyata yang memungkinkan pemerintah dapat berbuat semacam redistribusi. transfer jumlahan benjolan akan sulit untuk menegakkan dan hampir tidak pernah terjadi terhadap perekonomian sejak pajak diubah dalam remunerasi relatif dari faktor produksi menyebabkan distorsi dalam struktur produksi. Selain itu, pemerintah harus memiliki pengetahuan sempurna dari konsumen dan preferensi fungsi produksi perusahaan (yang sebenarnya tidak akan pernah ada [2]) untuk memilih transfer dengan benar. Selain itu, terapi ini tidak dapat diharapkan untuk bekerja jika banyak orang tidak memahami ekonomi, dan cara efektif untuk membuat penggunaan transfer apapun yang mereka terima.

Pembuktian dalil[sunting | sunting sumber]

Dalil Pertama fundamental ekonomi mengenai kesejahteraan ekonomi menyatakan bahwa setiap keseimbangan Walrasian adalah efisien Pareto. pertama kali ditunjukkan oleh ekonom grafis ABBA Lerner dan diikuti oleh ekonom matematis Harold Hotelling, Oscar Lange, Maurice Allais, Kenneth Arrow dan Gerard Debreu, walaupun mereka membatasi asumsi yang diperlukan untuk bukti berarti bahwa hasilnya mungkin tidak selalu mencerminkan pekerjaan nyata ekonomi. Satu-satunya asumsi yang dibutuhkan (selain lengkap pasar dan harga-pengambil perilaku) adalah relatif lemah asumsi pilihan yang nonsasiasi lokal. Lebih jelasnya, pernyataan dari kaidah ini adalah sebagai berikut: Jika ada preferensi lokal nonsatiated, dan jika (x *, y *, p) merupakan harga keseimbangan dengan transfer, maka alokasi (x *, y *) adalah optimasi Pareto. suatu keseimbangan dalam pengertian ini, baik yang berkaitan dengan pertukaran ekonomi atau hanya pendahuluan alokasisasi perusahaan yang efisien dan produktif dan dapat ditampilkan dengan sempurna untuk mengikuti kompetisi dari faktor produksi dan pasar.

Misalnya konsumen i yang memiliki kekayaan w_i seperti yang \Sigma _i w_i = p \cdot \omega + \Sigma _j p \cdot y^*_j dimana  \omega adalah anugerah agregat dan barang y^*_j adalah produksi perusahaan j

Maksimalisasi preferensi (dari definisi tentang keseimbangan dengan harga transfer) menunjukkan:

bila x_i >_i x^*_i kemudian p \cdot x_i > w_i

Dengan kata lain, jika sebuah kemasan barang sangat disukai untuk x^*_i harus tidak terjangkau pada harga p Lokal nonsiasisasi menunjukkan:

bila x_i \geq _i x^*_i kemudian p \cdot x_i \geq w_i

Untuk melihat sebab diilustrasikan bahwa x_i \geq _i x^*_i akibat dari p \cdot x_i < w_i Kemudian oleh nonsasiasasi lokal kemudian bisa menemukan x'_i yang dekat dengan sewenang-wenangan x_i (dan ini masih terjangkau) x^*_i. tetapi x^*_i adalah hasil dari pilihan Maksimalisasi, jadi ini adalah suatu kontradiksi.

Mempertimbangkan alokasi  (x, y) yang mendominasi Pareto (x^*, y^*) Ini berarti bahwa x_i \geq _i x^*_i berlaku untuk semua i dan x_i >_i x^*_i untuk beberapa i sebagai rangkuman dapat pula diketemukan:

\Sigma _i p \cdot x_i > \Sigma _i w_i = p \cdot \omega + \Sigma _j p \cdot y^*_j

Sebab  y_j adalah sebagai memaksimalkan keuntungan \Sigma _j p \cdot y^*_j \geq \Sigma _j p \cdot y_j menjadi \Sigma _i p \cdot x_i > p \cdot \omega + \Sigma _j p \cdot y_j. oleh karena itu (x,y) menjadi tidak layak sebab adanya dominasi alokasi oleh Pareto padahal (x^*,y^*) yang seharusnya menjadi optimasi dari Pareto.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stiglitz, Joseph E. (March 1991), The Invisible Hand and Modern Economics. NBER Working Paper No. W3641., National Bureau of Economic Research (NBER) 
  2. ^ Hayek, Friedrich A. (September 1945), "The Use of Knowledge in Society", American Economic Review (American Economic Association) XXXV (No. 4): 519–530 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Lindley Macnaghten Fraser, Economic thought and language: a critique of some fundamental economic concepts, University of Michigan Press, 1937