Fruela I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fruela I
Patung Fruela I di biara St. Julian di Samos, Lugo.
Raja Asturias
Berkuasa757-768
Penobatan757
PendahuluAlfonsu I
PenerusAurelius
Informasi pribadi
Kelahiran722
Asturias
Kematian768
Cangas de Onís, Asturias
Pemakaman
DynastyWangsa Asturias-León
AyahAlfonsu I
IbuErmesinda
ConsortMunia dari Álava
AnakAlfonsu II dari Asturias

Fruela I (atau Froila I), (skt. 72214 Januari 768) dijuluki yang Kejam, adalah Raja Asturias dari 757 hingga kematiannya, ketika ia dibunuh. Dia adalah putra tertua Alfonsu I dan melanjutkan pekerjaan ayahandanya. Pelayo adalah kakek maternalnya.

Dia menekan pemberontakan Basque, dari siapa dia mengambil bengsawati Munia (atau Munina), yang kemudian ia nikahi.[1] ikatan pernikahan diperbarui antara keluarga mereka, ditafsirkan di istana Asturias sebagai kemenangan diplomatik atas Kadipaten Basque mandiri; atau, kolaborasi yang sangat dibutuhkan antara kedua wangsa untuk mengurangi faksi yang memisahkan diri dari Alavese Basque yang mempertaruhkan pembelotan ini ke Bani Qasi di lembah Ebro, dengan menikahi sepupunya Munia sebagai hadiah. Sekarang jika pernikahan tersebut mensyaratkan wilayah Alava atau Basque lainnya sebagai harta sesan, tidak jelas tetapi wangsa Asturias dan Pamplona akan berebut untuk menguasai wilayah ini dari wilayah perbatasan mereka yang bergeser selama berabad-abad, menjadi lebih Basque secara budaya hingga hari-hari berikutnya di mana para bangsawannya bersekutu dengan Mahkota Kastila, akhirnya di bawah Wangsa Jiménez. Dia adalah ibunda dari penerus Fruela, Alfonsu. Menurut legenda, dia juga ibunda dari Jimena, ibunda pahlawan romantis legendaris Bernardo del Carpio.

Selama masa pemerintahannya, kota Oviedo didirikan, pada 25 November 761, ketika Abbas Máximo dan pamandanya Fromestano mendirikan sebuah gereja untuk menghormati Santo Vincentius di sana. Di bawah Fruela, hubungan baik antara gereja dan raja berlanjut seperti pada masa pemerintahan ayahandanya — Alfonso "Katolik".

Fruela tidak menyelesaikan pemerintahannya dengan bahagia. Setelah membunuh saudaranya Vimerano (ini adalah dasar untuk nama julukannya), dan dengan para bangsawan yang khawatir, dia menunjuk penggantinya Bermudu (bukan sepupu Fruela Bermudu I), putra Vimerano. Sayangnya sebuah rencana dibentuk untuk melawannya, yang berakhir dengan pembunuhan Fruela di Cangas de Onís, ibu kotanya, dan sepupunya Aurelius naik takhta sebagai penerusnya.

Fruela dan istrinya Munia dimakamkan di Katedral Oviedo.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Menurut Ibn Hayyan, pada 816 "García López (Arab: قرسية بن لبّ) putra saudara perempuan Bermudu (Arab: برمود) pamanda maternal Alfonsu (Arab: إذفونش)", terbunuh dalam pertempuran yang dipimpin oleh Velasco dari Basque. Ini telah dibaca dengan dua cara berbeda, tergantung pada apakah García atau Bermudo adalah pamanda Alfonsu yang dimaksud. Satu interpretasi akan menjadikan ibunda Alfonsu II sebagai Munia López, putri Lope dari saudara perempuan Raja Bermudu I dari Asturias. Atau, dinyatakan bahwa Bermudu I memiliki dua saudara perempuan, satu istri Fruela dan ibunda Alfonsu II, lainnya ibunda García López, yang tewas dalam pertempuran 48 tahun setelah kematian Fruela.
Didahului oleh:
Alfonsu I
Raja Asturias
757–768
Diteruskan oleh:
Aurelius