Frontier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Frontier memiliki arti berbeda-beda di berbagai negara.

AS[sunting | sunting sumber]

Di AS, frontier adalah istilah untuk daerah yang belum didiami di luar pemukiman orang Amerika, di mana tanah gratis dan kesempatan luas tersedia. Dalam sejarah AS dan Kanada, biasanya perluasan daerah pemukiman terjadi dari timur ke barat. Karena itu frontier biasanya dihubungkan dengan daerah barat. Di pantai samudera Pasifik, pemukiman bergerak ke timur. Di New England ke utara.

'Frontier' adalah kata pinjaman dari bahasa Perancis pada abad ke-15 dengan arti "tanah perbatasan", daerah yang berbatasan dengan negara lain.

Eropa[sunting | sunting sumber]

Dalam Uni Eropa, frontier adalah istilah yang digunakan untuk menyebut daerah di luar perbatasan EU. Negara-negara yang mengelilinginya disebut European Neighbourhood. Daerah ini biasanya adalah negara-negara kurang berkembang, banyak di antaranya ingin bergabung dengan EU. Beberapa negara yang mencalonkan diri saat ini adalah Turki dan Kroasia. Ukraina juga bermaksud mencalonkan diri.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.