Francine Patterson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Francine "Penny" Patterson (lahir 13 Februari 1947) adalah seorang peneliti yang menyatakan diri telah mengajarkan Bahasa Isyarat Amerika yang telah dimodifikasi kepada seekor gorila betina bernama Koko.

Francine Patterson adalah anak kedua dari tujuh bersaudara, puteri dari C.H. Patterson, seorang profesor di bidang psikologi. ketika ia masih kecil, keluarganya pindah ke Edina, Minnesota kemudian kembali pindah ke Urbana, Illinois. Ibunya meninggal karena kanker ketika Penny masih Mahasiswa dan saudara bungsunya masih berusia lima tahun. Hal ini memicu minatnya di bidang psikologi perkembangan.

Pada tahun 1970 ia memperoleh gelar sarjana psikologinya di Univeritas Illinois dan meraih gelar doktornya, juga di bidang psikologi, di Stanford University pada tahun 1979, melalui disertasi berjudul Linguistic Capabilities of a Lowland Gorilla (Kemampuan Linguistik pada Gorilla Dataran Rendah) yang membahas tentang proses pengajaran bahasa isyarat kepada Koko dan seekor gorila lain bernama Michael, yang meninggal dunia pada tahun 2000.

Pada tahun 1978, Penny bersama koleganya, Dr. Ronald Cohn, mendirikan The Gorilla Foundation, suatu institusi yang bertujuan untuk melindungi dan melestarikan gorila melalui riset komunikasi dan pendidikan antar spesies. Institusi itu juga yang merupakan pemilik Koko. Sekarang, Penny menjadi presiden yayasan itu.

Saat ini, Dr. Francine Patterson adalah asisten profesor psikologi di Universitas Santa Clara dan merupakan anggota dewan konsultan di Center for Cross Cultural Communication di Washington, D.C., serta merupakan kepala editor (editor-in-chief) dari jurnal The Gorilla.

Ia adalah pengarang buku The Education of Koko, dan ikut mengarang buku anak-anak berjudul Koko's Kitten, Koko-Love!: Conversations With a Signing Gorilla, dan Koko's Story. Patterson dan pekerjaannya bersama Koko adalah pokok bahasan dalam film dokumenter Koko: A Talking Gorilla karya Barbet Schroeder pada tahun 1977.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]