Francine Patterson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dr Francine "Penny" Patterson (lahir di Chicago, Illinoi, Amerika Serikat, 13 Februari 1947; umur 67 tahun) adalah seorang peneliti yang menyatakan diri telah mengajarkan American Sign Language yang telah dimodifikasi kepada seekor gorila betina bernama Koko.

Francine Patterson adalah anak kedua dari tujuh bersaudara, puteri dari C.H. Patterson, seorang profesor di bidang psikologi. Keluarganya pindah ke Edina, Minnesota ketika ia masih kecil kemudian kembali pindah ke Urbana, Illinois. Ibunya meninggal karena kanker ketika Penny masih mahasiswa dan Saudara bungsunya masih berusia lima tahun. Hal ini memicu minatnya di bidang psikologi pertumbuhan.

Ia memperoleh gelar sarjana psikologinya di University of Illinois pada tahun 1970 dan meraih gelar doktornya, juga di bidang psikologi, di Stanford University pada tahun 1979, melalui disertasi berjudul Linguistic Capabilities of a Lowland Gorilla yang membahas tentang proses pengajaran bahasa isyarat kepada Koko dan seekor gorila lain bernama Michael, yang meninggal dunia pada tahun 2000.

Pada tahun 1978, Penny bersama koleganya, Dr Ronald Cohn, mendirikan The Gorilla Foundation, suatu institusi yang bertujuan untuk melindungi dan melestarikan gorila melalui riset komunikasi dan pendidikan antar spesies, yang merupakan pemilik Koko. Sekarang ini, Penny menjadi presiden yayasan itu.

Dr Francine Patterson adalah asisten profesor psikologi di Universitas Santa Clara dan merupakan anggota dewan konsultan di Center for Cross Cultural Communication di Washington, D.C., serta merupakan kepala editor (editor-in-chief) dari jurnal The Gorilla.

Ia adalah pengarang buku The Education of Koko, dan ikut mengarang buku anak-anak berjudul Koko's Kitten, Koko-Love!: Conversations With a Signing Gorilla, dan Koko's Story. Patterson dan pekerjaannya bersama Koko adalah pokok bahasan dalam film dokumenter Koko: A Talking Gorilla karya Barbet Schroeder pada tahun 1977.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]