Forum Demokratik Orang Jerman di Rumania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Forum Demokratik Bangsa Jerman di Rumania
bahasa Rumania: Forumul Democrat al Germanilor din România
Jerman: Demokratisches Forum der Deutschen in Rumänien
PresidenPaul-Jürgen Porr
Ketua di DPROvidiu Ganț
Dibentuk28 Desember 1989 (28 Desember 1989) di Sighişoara/Schäßburg
IdeologiKepentingan minoritas Jerman
Kelompok Parlemen EropaEPP-ED (Januari-November, 2007)
Warna  Merah-merah tedas
Senat
0 / 136
DPR
1 / 330
Parlemen Eropa
0 / 33
Situs web
www.fdgr.ro

Forum Demokratik Orang Jerman di Rumania (Jerman: Demokratisches Forum der Deutschen in Rumänien, DFDR; bahasa Rumania: Forumul Democrat al Germanilor din România, pendeknya Forumul German, disingkat FDGR) adalah sebuah partai politik berhaluan tengah yang mewakili minoritas Jerman di Rumania.

Partai ini didirikan pada akhir tahun 1989. Awalnya partai ini merupakan partai untuk minoritas Jerman, tetapi partai ini kemudian menjadi populer di kalangan etnis Rumania di beberapa wilayah di Transilvania atau Banat, termasuk di kota Sibiu. Partai ini bahkan menjadi partai mayoritas di dewan perwakilan daerah di kota Sibiu.

Salah satu politikus dari partai ini, yaitu Klaus Iohannis, sebelumnya menjabat sebagai wali kota Sibiu dan kemudian terpilih sebagai Presiden Rumania. Partai ini sering bekerjasama dengan Partai Liberal Nasional dan Iohannis sendiri belakangan menjadi anggota partai tersebut dan salah satu pemimpin utamanya pada Februari 2013.

Di tingkatan daerah (khususnya di Timișoara dan Baia Mare), FDGR/DFDR juga bekerja sama dengan partai Rumania lain yang berhaluan kanan tengah, yaitu PNȚ-CD.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]