Forest Ray Moulton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Forest Ray Moulton (lahir 29 April 1872 – meninggal 7 Desember 1952 pada umur 80 tahun) adalah seorang astronom Amerika Serikat.

Ia lahir di Le Roy, Michigan, dan memperoleh pendidikan awal di Albion College. Setelah lulus pada tahun 1894 (B.A.), ia melanjutkan studi sarjananya di Universitas Chicago dan memperoleh gelar Ph.D. tahun 1899. Di Universitas Chicago ia menjadi associate bidang astronomi (1898-1900), instruktur (1900-03), asisten profesor (1903-08), associate profesor (1908-12), dan profesor sejak 1912.

Ia bersama dengan Thomas Chamberlin, merupakan pendukung dari hipotesis planetisimal Chamberlin-Moulton, yang menyatakan bahwa planet merupakan penyatuan dari bentuk-bentuk yang lebih kecil yang mereka namakan planetisimal. Hipotesis mereka membutuhkan adanya bintang lain lewat pada jarak yang dekat untuk memicu terjadinya kondensasi ini, namun konsep tersebut sudah tidak memperleh dukungan lagi pada masa kini.

Dalam beberapa dekade awal abad ke-20, beberapa satelit kecil baru ditemukan berada di orbit sekitar Yupiter. Moulton memperkirakan bahwa ini sesungguhnya berasal dari planetisimal yang tertangkap oleh gravitasi. Teori tersebut telah diterima dengan baik di oleh para astronom.

Kawah Moulton di Bulan, metode Adams-Moulton untuk memecahkan persamaan diferensial, dan bidang Moulton dalam geometri dinamakan berdasarkan namanya.