Ford Granada (Amerika Utara)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ford Granada
Ford Granada coupe (generasi pertama)
Informasi
ProdusenFord
Model untuk tahun1975–1982
Bodi & rangka
Kelas
Tata letakMesin depan, penggerak roda belakang
Kronologi
PendahuluFord Maverick
PenerusFord LTD

Ford Granada versi Amerika Utara adalah berbagai sedan yang diproduksi dan dipasarkan oleh Ford; dua generasi lini model dijual dari tahun 1975 hingga 1982. Dikembangkan sebagai penerus asli Ford Maverick, Granada berbagi namanya dengan sedan andalan Ford Eropa. Garis model dipasarkan sebagai mobil eksekutif kompak, memperluas segmen di Amerika Serikat.[1]

Generasi pertama Granada adalah sedan kompak,[2] ditempatkan di antara Maverick dan Torino (dan Fairmont dan LTD II yang menggantikannya) dalam jajaran sedan Ford. Generasi kedua adalah sedan ukuran sedang, ditempatkan di samping Fairmont dan LTD. Untuk model tahun 1983, Granada menjalani revisi pertengahan siklus, mengambil papan nama Ford LTD; garis model akhirnya digantikan oleh Ford Taurus untuk tahun 1986.

Secara total, lebih dari dua juta contoh Ford Granada diproduksi untuk pasar AS. Generasi pertama diproduksi oleh Mahwah Assembly dan Michigan Assembly dengan generasi kedua diproduksi oleh Atlanta Assembly dan Chicago Assembly.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dammann, George 90 Years of Ford" (Osceola, WI: Crestline Series b MBI Publishing Company, 1993), p.474.
  2. ^ "Motor Trend - Sep 1974". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-07-10. Diakses tanggal 2011-03-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]