Five Run Away Together

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Five Run Away Together atau Lima Sekawan: Minggat adalah buku ketiga dalam seri Lima Sekawan. Buku ini ditulis oleh Enid Blyton yang diterbitkan pada tahun 1944.

Sinopsis singkat[sunting | sunting sumber]

Julian, Dick, dan Anne sampai di Kirrin untuk menetap bersama George selama liburan. Mereka berencana untuk menghabiskan waktu untuk menjelajahi Pulau Kirrin, tetapi kesenangan mereka memudar saat Bibi Fanny jatuh sakit sehingga ia dan Paman Quentin harus meninggalkan mereka untuk pergi ke rumah sakit yang jauh. Mereka dirawat oleh juru masak sementara Bibi Fanny, Mrs. Stick, yang tinggal dengan suaminya dan anak laki-laki mereka, Edgar. Suami istri Stick dan Edgar datang, anak-anak dan mereka bertiga saling tidak menyukai satu sama lain. Saat Mrs. Stick mencoba untuk meracuni Timmy, George bisa mengatasinya. Dia, Mrs. Stick merancang rencana rahasia untuk melarikan diri ke Pulau Kirrin. Tetapi dia tertangkap basah oleh Julian, dan Julian beserta anak anak lain berencana untuk mendatangi Pulau Kirrin.

Saat di Pulau Kirrin, mereka menemukan bukti bahwa ada penyelundup di rongsokan tua. Teriakan ditengah malam dan penemuan pakaian anak kecil perempuan membuat Lima Sekawan waspada bahwa sepertinya akan ada sesuatu yang terjadi. Mereka menemukan bahwa suami istri Stick menculik dan mengurung seorang anak kecil di pulau, anak perempuan dari seorang pria yang sangat kaya. Setelah ada pertengkaran dengan suami istri Stick, mereka menyelamatkan anak itu, dan membawanya ke kantor polisi. Sesampainya disana, polisi tampak terkejut saat melihat anak yang dicari seluruh negeri. Para polisi menemani mereka balik ke pulau untuk menangkap suami istri Stick. Ayah dari anak yang diculik memperbolehkan dia untuk menghabiskan waktu selama seminggu bersama Lima Sekawan di Pulau Kirrin.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Enid Blyton Society page
  • Five Run Away Together at www.enidblyton.net