Fisikalisme tipe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pertanyaan yang relevan: apa yang akan ditemukan oleh penelitian? Dapatkan "tipe" keadaan pikiran dideskripsikan oleh "tipe" peristiwa fisik (fisikalisme tipe), atau apakah pendekatan ini bermasalah?

Fisikalisme tipe (juga disebut materialisme reduktif, teori identitas tipe, teori identitas pikiran-otak, dan teori identitas pikiran) adalah teori fisikalis dalam filsafat pikiran yang menyatakan bahwa peristiwa pikiran dapat dikelompokkan menjadi "tipe-tipe" yang kemudian dapat dikorelasikan dengan tipe-tipe peristiwa fisik di otak. Misalnya suatu tipe peristiwa pikiran seperti rasa sakit ternyata mendeskripsikan suatu tipe peristiwa fisik (seperti penembakan serat-C.

Fisikalisme tipe seringkali dianggap sebagai lawan dari fisikalisme identitas token. Menurut fisikalisme identitas token, peristiwa pikiran tidak memiliki korelasi biologis. Pendekatan tersebut menggunakan pemisahan tipe-token (misalnya, bila seseorang memiliki tipe mobil yang sama dengan orang lain, bukan berarti orang tersebut punya token (suatu kendaraan) yang sama). Maka, sementara fisikalisme tipe menyatakan bahwa terdapat keidentikan antara tipe, fisikalisme identitas token menekankan bahwa kita hanya mendeskripsikan peristiwa otak tertentu yang unik.

Terdapat pendekatan lain yang mengkritik fisikalisme tipe: materialisme eliminatif dan materialisme revisioner mempertanyakan penggunaan kategorisasi dalam sains. Menurut mereka, kategorisasi "rasa sakit" mungkin perlu direvisi, sama seperti bagaimana fenomena "kesurupan" dipertanyakan seiring dengan kemajuan sains.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]