Firman Mudaffar Sjah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Firman Mudaffar Sjah
Pangeran Firman Mudaffar Sjah
Kelahiran05 September 1974 (umur 49)
Ternate
WangsaKedaton Kesultanan Ternate, Soa Sio, Ternate
AyahMudaffar Sjah, Sultan Ternate ke-48
IbuDrevenlya D. Amahorseya
PasanganSiti Hamida
AnakDrevenlya N. Pastaranga F. Sjah

Hagia Sophia F. Sjah

Pastaranga Malamo F. Sjah
AgamaIslam

Pangeran Firman Mudaffar Sjah, S.E. (lahir  5 September 1974) adalah putra dari Sultan Ternate ke-48 Mudaffar Sjah, dan Drevenlya D. Amahorseya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir di Ternate pada 5 September 1974, Pangeran Firman Mudaffar Sjah adalah anak dari wangsa Kedaton Kesultanan Ternate dan putra dari Sultan Ternate ke-48, Mudaffar Sjah, dengan Drevenlya D. Amahorseya. Pada 2016, ia mengikuti serangkaian ujian ritual sebagai salah satu calon untuk tahta Kesultanan setelah wafatnya ayahnya.[1] Menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Khairun Ternate, ia meraih gelar Sarjana Ekonomi. Firman menikah dengan Siti Hamida dan memiliki tiga anak.

Firman dikenal sebagai pemerhati kebudayaan dan memiliki latar belakang pekerjaan sebagai social worker. Ia menjabat sebagai Direktur LSM BukuBandera Maluku Utara sejak 2018, Direktur CV Fala Sabia Sejahtera dan PT Ternate Island Tea sejak 2022. Firman juga aktif mendirikan dan menggagas berbagai inisiatif kebudayaan, seperti Komunitas Buku Bandera[2], Sanggar Limau Gapi Moloku Kie Raha (2018), Festival Legu Gam[3] dan berbagai festival budaya di Ternate.

Kontribusi dan Keterlibatan[sunting | sunting sumber]

Sebagai pemerhati kebudayaan, Firman terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan budaya. Ia merupakan pendiri dari beberapa komunitas dan festival, serta aktif dalam organisasi kebudayaan dan pendidikan. Kepeduliannya pada pendidikan anak-anak tercermin dari kegiatan edukasi yang selalu diusungnya untuk meningkatkan kesadaran tentang pendidikan dan kesehatan sejak dini.

Riwayat Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  • SD Negeri Salero 1 Ternate (1986)
  • SMP Negeri 1 Ternate (1989)
  • SMA Negeri 2 Ternate (1992)
  • Fakultas Ekonomi Universitas Khairun Ternate (1996)

Keterlibatan Organisasi[sunting | sunting sumber]

  • Koordinator Dewan Keraton Wilayah Maluku, Maluku Utara, dan Papua.[4]
  • Anggota Forum Silaturahmi Keraton Nusantara sejak 2021 hingga saat ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ SATUMALUKU.COM (2016-09-02). "Calon Sultan Ternate Mulai Jalani Masa Uji". satumaluku.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-28. 
  2. ^ "Firman Mudaffar Sjah, Anak Mendiang Sultan Ternate Mudaffar Sjah, Resmikan Buku Bendera Kadato Ici - Tribunternate.com". ternate.tribunnews.com. Diakses tanggal 2023-10-28. 
  3. ^ "Firman Mudaffar Sjah: Sebagai Ahli Waris Kami Tetap Bekerja Untuk Legu Gam". Indotimur. Diakses tanggal 2023-10-28. 
  4. ^ "About FSKN". FSKN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-28.