Filter ultraviolet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Filter UV

Filter ultraviolet adalah bahan senyawa individu atau campuran yang berguna untuk mencegah agar cahaya ultraviolet (UV) tidak melaluinya. Filter UV digunakan dalam tabir surya untuk melindungi kulit atau dalam fotografi untuk mengurangi tingkat cahaya ultraviolet yang merekam media perekam.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Secara historis, film fotografi kebanyakan sensitif terhadap sinar UV, yang menyebabkan kekaburan atau berkabur, dan dalam film warna rona kebiruan. Oleh karena itu, sebagai standar, filter UV (blocking) digunakan, transparan terhadap cahaya terlihat saat menyaring panjang gelombang ultraviolet pendek. Namun, film fotografi yang lebih baru dan kamera digital sangat sensitif terhadap panjang gelombang UV. Filter UV kadang-kadang disebut sebagai filter L37 atau L39, tergantung pada panjang gelombang cahaya yang mereka saring, filter L37 menghilangkan sinar ultraviolet dengan panjang gelombang lebih pendek dari 370 nm, sedangkan filter L39 menghilangkan cahaya dengan panjang gelombang lebih pendek dari 390 nm.

Banyak fotografer dan sineas masih menggunakan filter UV sebagai perlindungan untuk kaca lensa mereka dan coating, karena biaya yang rendah dan kurangnya efek pada eksposur tembakan. Namun, filter UV (dalam filter tertentu kurang lapisan optik) dapat memperkenalkan lensa suar dan berdampak buruk pada kontras dan ketajaman, terutama ketika sumber cahaya yang kuat hadir.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thom Hogan. "Filtration 101". bythom.com. Diakses 13 October 2009.