Filter fotografik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Filters 6187.jpg

Dalam fotografi dan videografi, filter adalah sebuah aksesori kamera yang terdiri dari filter optik yang dapat dimasukkan ke dalam jalur optik. Filter dapat menjadi persegi atau bentuk persegi panjang dipasang pada dudukan aksesori, atau, lebih umum, sebuah kaca atau plastik disk dengan bingkai cincin logam atau plastik, yang dapat dipasang di depan atau dipasangkan ke lensa.

Filter memodifikasi gambar yang direkam. Kadang-kadang mereka digunakan untuk membuat perubahan halus hanya pada gambar, lain kali gambar akan hanya tidak mungkin tanpa mereka. Dalam filter fotografi monokrom berwarna mempengaruhi kecerahan relatif dari warna yang berbeda, lipstik merah dapat diberikan sebagai sesuatu dari hampir putih ke hampir hitam dengan filter yang berbeda. Lainnya mengubah keseimbangan warna gambar, sehingga foto-foto di bawah lampu pijar menunjukkan warna seperti yang dirasakan, bukan dengan semburat kemerahan. Ada filter yang mendistorsi gambar dengan cara yang diinginkan, menyebarkan foto dinyatakan tajam, menambahkan efek berbintang dll. Lensa close-up tambahan dapat diklasifikasikan sebagai filter. Polarisasi linear dan filter melingkar mengurangi refleksi miring dari permukaan non-logam.

Banyak filter menyerap sebagian dari cahaya yang tersedia. Sebagai filter di jalur optik, setiap permukaan ketidaksempurnaan - non - datar atau non-paralel, refleksi (diminimalkan dengan lapisan optik), goresan, kotoran - mempengaruhi gambar.

Tidak ada standar sistem penamaan universal untuk filter. Angka-angka Wratten diadopsi pada awal abad kedua puluh oleh Kodak, maka kekuatan yang dominan dalam film fotografi, yang digunakan oleh beberapa produsen. Warna filter koreksi sering diidentifikasi oleh kode bentuk CC50Y-CC untuk koreksi warna, 50 untuk kekuatan filter, Y untuk kuning.

Filter optik yang digunakan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, termasuk astronomi tertentu, mereka pada dasarnya sama dengan filter fotografi, tetapi dalam prakteknya sering membutuhkan sifat optik jauh lebih akurat dikontrol dan kurva transmisi tepat didefinisikan dari filter khusus untuk penggunaan fotografi. Filter fotografi menjual dalam jumlah yang lebih besar dengan harga lebih rendah daripada banyak Sejalan filter laboratorium. Artikel pada filter optik memiliki materi yang relevan dengan filter fotografi.

Dalam fotografi digital saat ini hampir semua filter untuk kamera film mungkin tidak diperlukan lagi, kecuali Ultra Violet Filter untuk melindungi lensa, (Circular) Polarizing Filter and Infra-Red Filter, karena kamera digital saat ini, terutama kamera Bridge dan kamera Point-and-shoot memiliki filter digital berlimpah. Bahkan Netral Density Filter telah disimulasikan dengan mengurangi sensitivitas kamera atau kamera video sensor seperti di Sony FDR-AX100 yang memiliki 3 langkah ND Filter diaktifkan oleh switch. Sampai saat ini Graduated Neutral Density Filter belum disimulasikan. Tidak menggunakan filter optik di depan lensa juga memberikan keuntungan menghindari pengurangan kualitas gambar dan dapat juga menghindari vignetting di pemotretan wide-angle.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]