Filostorgios

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangFilostorgios
Biografi
Kelahirank. 368
Kapadokia
Kematian5 abad (>425)
Antiokhia
Kegiatan
SpesialisasiArianisme dan Sejarah Kekristenan
Pekerjaanchurch historian, religious writer, penulis, sejarawan
PeriodeAbad Kuno Akhir
Karya kreatif
Karya terkenal
Keluarga
AyahCarterius

Philostorgius (Yunani: Φιλοστόργιος; 368 – s. 439 M) adalah seorang sejarawan Gereja Anomoean dari abad ke-4 dan ke-5. Anomoeanisme adalah sebuah bentuk ekstrim dari Arianisme, menyangkal keyakinan Trinitarian ortodoks soal hubungan antara Allah Bapa dan Kristus Logos dan berpendapat bahwa keduanya sepenuhnya adalah esesni yang berbeda. Pandangan tersebut dianggap sesat oleh gereja, yang mengadopsi istilah homoousion, "koesensial" atau "konsubstantial", untuk menyebut hubungan antara Bapa dan Putera dalam Kredo Nikea sebagai keilahian tunggal terbagi.

Sangat sedikit informasi tentang masa hidupnya yang tersedia. Ia lahir di Borissus, Cappadocia dari pasangan Eulampia dan Carterius,[1] dan tinggal di Konstantinopel dari usia dua puluh tahun. Ia dikatakan berasal dari keluarga Arian.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Philostorgius, in Photius, Epitome of the Ecclesiastical History of Philostorgius, book 9, chapter 9.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Bruno Bleckmann, "Apokalypse und kosmische Katastrophen: Das Bild der theodosianischen Dynastie beim Kirchenhistoriker Philostorg," in Brandes, Wolfram / Schmieder, Felicitas (hg), Endzeiten. Eschatologie in den monotheistischen Weltreligionen (Berlin, de Gruyter, 2008) (Millennium-Studien / Millennium Studies / Studien zu Kultur und Geschichte des ersten Jahrtausends n. Chr. / Studies in the Culture and History of the First Millennium C.E., 16), 13–40.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]