Festival Tandak Intan Kaharingan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Festival Tandak Intan Kaharingan atau Festival Tandak merupakan sebuah festival perlombaan di Kalimantan Tengah yang bertujuan untuk mengembangkan potensi umat agama Kaharingan dalam bidang spiritual dan seni budaya suku Dayak. Adapun cabang yang dilombakan adalah Pembacaan Kitab Suci Panaturan, Nyanyian Kidung Kandayu, Manandak, Karungut, dan tari-tarian yang bernuansa ajaran agama Kaharingan. Kegiatan ini biasanya diselenggarakan di Balai Basarah.[1][2]

Juara pertama dalam cabang lomba Pembacaan Kitab Suci Panaturan, Agustin Sigitha (8 tahun), Festival Tandak Intan Kaharingan tahun 2019, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.
Festival Tandak Intan Kaharingan
JenisFestival Perlombaan Keagamaan
LokasiKalimantan Tengah
Tahun aktif2007 – Sekarang
Acara pertama2007
Terakhir diadakan2022
PenyelenggaraPemerintah Provinsi Kalimantan Tengah

Dengan terselenggaranya Festival ini, umat Kaharingan akan mampu untuk meningkatkan rasa percaya diri, bakat, minat dan keimanan, "Penyang Hinje Simpei Panturung Humba Tamburak" khususnya dikalangan generasi muda dengan menyebarkan nilai-nilai suci ajaran agama Kaharingan serta meningkatkan rasa perdamaian dan tali persaudaraan dengan semua umat beragama yang ada di Indonesia.

Referensi[sunting | sunting sumber]