Festival Internasional Salju dan Es Harbin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dunia Salju dan Es di Festival Internasional Salju dan Es Harbin

Festival Internasional Salju dan Es Harbin (hanzi sederhana: 哈尔滨国际冰雪节, pinyin: Hā'ěrbīn Guójì Bīngxuě Jié) adalah festival salju tahunan yang diadakan di kota Harbin, ibu kota Provinsi Heilongjiang, timur laut RRC. Festival dibuka secara resmi tanggal 5 Januari, dan berlangsung selama sebulan penuh. Walaupun demikian, pameran pahatan salju di Taman Pulau Matahari (Taiyang Dao Gongyuan) sering dibuka lebih awal di bulan November[1], dan masa pameran diperpanjang semasa es dan salju belum mencair.

Pameran diadakan di 3 lokasi utama, Taman Pulau Matahari untuk pahatan es dan salju, Dunia Salju dan Es (Bingxue Gong) untuk replika bangunan dari balok-balok es dan salju, serta Taman Zhaolin untuk lampion es. Pameran dimeriahkan dengan lampu berwarna-warni, musik, dan pesta kembang api. Acara yang diadakan selama festival termasuk acara berenang di air es Sungai Songhua, pertandingan hoki es, sepak bola di lapangan es, turnamen invitasi ski alpin. Selain itu, panitia juga mengadakan lomba memahat es, lomba skat es, menulis puisi, festival film, berbagai pameran, dan upacara pernikahan di atas es. Festival ini diiikuti pemahat es dan salju dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Singapura, dan Rusia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Festival tahunan ini mulai diadakan secara teratur sejak tahun 1986 dengan nama Festival Salju dan Es Harbin. Walaupun demikian, cikal bakal festival berupa pameran lampion es di Taman Zhaolin sudah diselenggarakan sejak tahun 1963.[1]

Pada tahun 2001, penyelenggaraan Festival Salju dan Es Harbin ke-17 diadakan bersamaan dengan Festival Ski Internasional Heilongjiang ke-3. Sejak itu pula, nama festival diganti menjadi Festival Internasional Salju dan Es Harbin.[2] Festival ini sekarang telah menjadi salah satu dari 4 festival salju terbesar di dunia bersama-sama dengan Festival Salju Sapporo, Karnaval Musim Dingin Kota Quebec, dan Festival Ski Norwegia.

Di antara replika bangunan megah yang pernah dibuat dari balok es dan salju adalah Tembok Besar, Tiananmen, pagoda, dan air terjun Niagara. Kanada menjadi tema festival tahun 2007 untuk memperingati dokter Kanada bernama Norman Bethune.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Harbin Ice Festival". TravelChinaGuide.com. Diakses 6 Januari.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  2. ^ "International Ice-Snow Festival of Harbin, China". China Culture.com. Diakses 6 Januari.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]