Fedora Project

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Logo Fedora Project

Fedora Project adalah kelompok/komunitas yang bertanggung jawab memproduksi sistem operasi Fedora. Proyek ini adalah hasil penggabungan antara Red Hat Linux (RHL) dan proyek Fedora Linux (yang lama) pada bulan September 2003, dan secara resmi disponsori oleh Red Hat. Proyek Fedora Linux yang lama (yang didirikan sejak Desember 2002 oleh Warren Togami, mahasiswa University of Hawaii Computer Science) telah mengembangkan paket-paket tambahan untuk distro Red Hat Linux (RHL 8, RHL 9, FC 1, FC 2) sebelum menjadi bagian dari Fedora Project.

Fedora Project merupakan proyek pengembangan Linux yang dirancang oleh Red Hat Inc. dan dikembangkan secara terbuka oleh komunitas pengembang Linux. Peranan Red Hat dalam proyek ini lebih sebagai arsitek terhadap paket-paket apa saja yang akan dikembangkan dan penyedia sumber daya yang akan digunakan para pengembangnya. Red Hat sendiri bermaksud menjadikan Fedora Project sarana untuk mengembangkan dan mematangkan teknologi yang nantinya akan digunakan pada Red Hat Enterprise Linux versi berikutnya, seperti hubungan pengembangan yang terjadi sebelumnya antara Red Hat Enterprise Linux dan Red Hat Linux.

Perbedaan utama antara Fedora Project dan Red Hat Enterprise Linux sebelumnya adalah Red Hat tidak lagi menyediakan dukungan update terhadap security updates, bugs updates, dan new feature updates untuk pengguna Fedora. Red Hat juga tidak akan menyediakan dukungan teknik apapun kepada pengguna Fedora, baik melalui web, e-mail, maupun telepon seperti yang disediakan terhadap produk Red Hat Enterprise Linux. Secara keseluruhan, Fedora Project adalah produk yang tidak didukung langsung oleh Red Hat, sehingga Red Hat tidak perlu menghabiskan sumber daya yang cukup banyak dalam proyek tersebut.

Fedora Project sendiri telah mengeluarkan beberapa versi beta yang bisa dikatakan merupakan kelanjutan dari Red Hat Linux 9.0, yaitu Fedora Core 1.0 pada 5 November 2003. Project ini memiliki periode waktu pengembangan yang lebih cepat, yaitu 4-6 bulan, dibandingkan Red Hat Linux yang membutuhkan 6-8 bulan atau Red Hat Enterprise Linux yang membutuhkan 12-18 bulan. Sementara itu, usia hidup produknya boleh dibilang sangat singkat, yaitu 2-3 bulan dari release produk terbarunya dibandingkan dengan lifetime produk Red Hat Enterprise Linux yang mencapai 5 tahun.

Mengapa Fedora Project?[sunting | sunting sumber]

Dalam penjelasan resmi yang dikeluarkan oleh Red Hat pada situs fedora.redhat.com dijelaskan bahwa pertimbangan untuk meninggalkan pengembangan produk retail Red Hat Linux didasarkan pada besarnya usaha yang diberikan tidak sebanding dengan tingkat pengembaliannya. Red Hat mempertimbangkan bahwa akan lebih baik jika pengembangan produk retail mereka dilepaskan kepada community-based project, dengan Red Hat hanya sebagai arsitek, pengontrol, dan penyedia sarana teknologi yang akan dikembangkan. Dengan demikian, Red Hat dapat menghemat usaha yang dilakukan dan dapat memfokuskan produk korporaat mereka yang memiliki tingkat pengembalian yang tinggi.

Dengan Fedora Project, Red Hat lebih mudah untuk memutuskan penghentian dukungannya terhadap produk gratis Red Hat Linux dari versi 7.x, 8.0 di akhir 2003 dan versi 9.0 di akhir April 2004 melalui surat pemberitahuan yang ditujukan kepada pelanggan Red Hat Linux di awal November 2003. Red Hat mempunyai alasan tersendiri untuk menghentikan dukungannya terhadap Red Hat Linux, salah satu produk yang justru membesarkan nama Red Hat.

Dengan melihat alasan Red Hat untuk menjalankan Fedora Project, Fedora Core diposisikan untuk menggantikan produk Red Hat Linux yang sudah dihentikan pengembangannya. Pengguna Fedora Core nantinya bakal banyak berasal dari kalangan hobbies, developers, dan perusahaan yang menggunakan Linux sebatas untuk platform internet, dengan faktor dukungan teknis dan updates dari vendor tidak menjadi alasan utama pemilihan sistem operasi.

Fedora Core sendiri akan berkompetisi langsung dengan proyek-proyek Linux berbasis komunitas/masyarakat yang sudah ada seperti Debian Linux dan Slackware Linux, selain produk retail Linux komersial lainnya seperti Mandrake Linux dan Suse Linux. Dengan adanya dukungan secara tidak langsung dari Red Hat, Fedora Core mendapat nilai lebih bagi para pemakai Linux yang sudah atau belum menggunakan Red Hat Linux.

Bagi perusahaan yang mau menggunakan sistem operasi Red Hat sebagai platform bisnis mereka, seperti Oracle Database, Oracle Internet Application Server, dan Oracle E-Business Application akan lebih memilih menggunakan versi Red Hat Enterprise Linux karena produk tersebut menawarkan reliabilitas, stabilitas, performa dan dukungan teknis yang sudah dijamin oleh masing-masing vendor.

Subproyek[sunting | sunting sumber]

The Fedora Project terdiri dari sejumlah sub-subproyek.[1][2] Hingga Februari 2007, sub-subproyek in adalah:

  • Fedora Engineering Steering Committee mengatur kegiatan teknis harian Fedora Project.
  • Fedora Documentation menyediakan manual, tutorial dan bahan referensi untuk rilis-rilis Fedora Project.
  • Fedora Translation menterjemahkan perangkat lunak, dokumentasi dan situs yang terkait dengan Fedora Project.
  • Fedora Marketing berusaha untuk meningkatkan jumlah komunitas pengguna dan pengembang Fedora Project.
  • Fedora Ambassadors mewakili Fedora Project di berbagai acara.
  • Fedora Artwork bertanggung jawab untuk menciptakan visualisasi yang menyenangkan dan konsisten.
  • Fedora Infrastructure mengelola layanan komputer Fedora Project termasuk milis, website dan wiki, CVS repositori dan sistem pembangun ekstra.
  • Fedora Distribution mengelola distribusi fisik Fedora.

Kelompok Minat Khusus[sunting | sunting sumber]

Selain proyek-proyek yang dibentuk, sejumlah kelompok minat khusus (SIG = Special Interest Group) dibentuk Fedora Project. Kelompok-kelompok ini belum memenuhi kriteria yang diperlukan untuk mencapai status "proyek". [3] Hingga Februari 2007, daftar Fedora SIG termasuk:

  • Fedora Usability bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas paket-paket Fedora.
  • Fedora Education dengan sasaran sektor pendidikan termasuk guru dan siswa.
  • Fedora Printing meningkatkan sistem pencetakan pada Fedora.
  • Fedora Rendering mencari cara untuk membuat pengalaman pengguna lebih menyenangkan menggunakan teknologi seperti OpenGL dan Cairo.
  • Fedora Bug Triage bertujuan untuk mengelola arus kerja atas laporan-laporan kesalahan (bug reports).
  • Stateless Linux berinisiatif untuk memastikan komputer Fedora dapat tergantikan tanpa ketergantungan atas kondisi lokal tertentu.
  • Fedora Engineering memiliki jumlah SIG yang bertujuan untuk mengemas berbagai jenis aplikasi perangkat lunak termasuk permainan, VoIP, perlatan Ilmiah dan Teknis, Musik dan Produksi Media dan aplikasi-aplikasi yang ditulis dalam berbagai bahasa seperti Mono, Perl, PHP, dan Python.
  • Fedora Astronomy bertujuan untuk meningkatkan dukungan kepada para astronom dan astropsikis di Fedora.

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Fedora Project Projects". Diakses 2007-02-18. 
  2. ^ "Defining Projects". Diakses 2007-02-18. 
  3. ^ "Defining Projects". Diakses 2007-02-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]