Fashion Model Directory

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Fashion Model Directory
URLfashionmodeldirectory.com
TipeBasis data fesyen daring
Bersifat komersial?Ya
PendaftaranOpsional
BahasaInggris
PemilikFashion One Group
Berdiri sejak1998
Peringkat Alexa17.448 (29 November 2017)
StatusAktif
Facebook: fashionmodeldirectory Twitter: fmd1_com

Fashion Model Directory (FMD) adalah basis data daring yang berisi informasi mengenai model fesyen, agensi model, label fesyen, majalah fesyen, perancang mode, dan editorial fesyen. FMD telah digambarkan sebagai "IMDb-nya industri mode"[1] sebagai salah satu basis data fesyen daring terbesar. Dimulai sebagai proyek luring pada tahun 1998 oleh Stuart Howard, FMD mulai diluncurkan di web pada tahun 2000 dan diambil alih oleh grup media asal Britania Raya, Fashion One Group, dua tahun setelahnya.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Fashion Model Directory adalah salah satu basis data terbesar di dunia untuk model fesyen wanita profesional,[2] agensi model, label fesyen, majalah fesyen, perancang busana, dan editorial fesyen. Untuk setiap model, ini mencakup informasi tentang penampilannya dalam iklan, sampul majalah, editorial, dan peragaan busana, serta informasi tentang hobinya, situs web resmi dan situs web lainnya, dan catatan lain yang berkaitan. FMD juga menyediakan galeri foto yang luas untuk setiap model fesyen, termasuk informasi hak cipta dan keterangan fotografer jika tersedia.

Basis data FMD berisi entri dengan lebih dari 16.000 model fesyen, 1.500 perancang busana, 5.000 merek fesyen, 3.300 majalah, 23.000 editorial fesyen yang sepenuhnya kredibel, dan 1.800 agensi pemodelan, serta salah satu arsip fesyen terbesar di web dengan lebih dari 600.000 foto.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

FMD dimulai sebagai proyek luring pribadi pada tahun 1998 oleh Stuart Howard. Pada tahun 2000, basis data menjadi daring dan diperbarui setiap minggu. Dua tahun kemudian, setelah sempat tidak aktif, proyek ini diambil alih oleh grup media asal Britania Raya, Fashion One Group. Mereknya diganti pada bulan Mei 2011.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The FMD". Fashione One Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 10, 2016. Diakses tanggal August 10, 2016. 
  2. ^ "Fashionmodeldirectory.com Review: Fashion Model Directory: A Database as First Base". Diarsipkan dari versi asli tanggal September 4, 2012. Diakses tanggal August 10, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]