Fases

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Fases Romawi.

Fases (plurale tantum, dari bahasa Latin fascis, artinya "bundel")[1] adalah bundelan tongkat kayu dengan mata kapak mencuat di tengahnya, yang merupakan suatu gambaran yang secara tradisional melambangkan kekuatan dan yurisdiksi, dan/atau "kekuatan karena persatuan". Fases biasanya muncul sebagai figura dalam heraldik, dan tidak sama dengan istilah fess, yang disebut fasce dalam heraldik Prancis.

Asal mula dan simbolisme[sunting | sunting sumber]

Fases Romawi tradisional terdiri dari bundelan tongkat kayu pohon Betula pubescens, diikat bersama menggunakan pita kulit merah dalam bentuk silinder, seringkali menyertakan kapak (kadangkala dua kapak) di antara tongkat kayu, dengan mata kapak di sisinya, mencuat dari tengah bundelan. Benda tersebut dibawa oleh para liktor yang didampingi oleh magistrat. Fases pada masa Romawi Kuno merupakan simbol otoritas magistrat dan simbolisme fases mengungkapkan kekuatan karena persatuan; satu tongkat kayu mudah dipatahkan, sedangkan bundelan tongkat kayu tidak mudah dipatahkan. Kapak seringkali melambangkan kekuatan atas kehidupan dan kematian melalui hukuman mati, meskipun setelah berlakunya undang-undang dua belas tabel, tiada magistrat Romawi yang dapat mengeksekusi penduduk Romawi tanpa pengusutan.[2] Fases digunakan sebagai simbol Republik Romawi dalam berbagai hal, termasuk dibawa dalam prosesi, selayaknya pengibaran bendera di masa sekarang.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Istilah tersebut berhubungan dengan kata dalam bahasa Italia Modern fascio, digunakan pada abad ke-20 untuk menyatakan kerja sama antarpetani dan persatuan pekerja industri.

Banyak pemerintahan dan otoritas lainnya menggunakan citra fases sebagai simbol kekuatan sejak berakhirnya Kekaisaran Romawi. Fases juga digunakan untuk mengenang kembali Republik Romawi, terutama bagi orang yang merasa sebagai penerus republik kuno/atau sebagai idealnya. Fasisme Italia, yang namanya berasal dari kata "fases", menggunakan simbolisme ini pada abad ke-20. Persatuan Fasis Britania juga menggunakannya pada 1930-an. Bagaimanapun juga, fases, sebagai simbol yang lama digunakan dan tersebar di Dunia Barat, telah menghindari stigma yang dihubungkan dengan banyaknya simbolisme fasis, dan banyak pihak yang masih menampilkannya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]