Evelyn (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Evelyn
Evelyn Poster 450.jpg
Poster film resmi.
Sutradara Bruce Beresford
Produser Pierce Brosnan
Michael Ohoven
Beau St. Clair
Penulis Paul Pender
Pemeran Sophie Vavasseur
Pierce Brosnan
Aidan Quinn
Julianna Margulies
Stephen Rea
Musik Stephen Endelman
Sinematografi André Fleuren
Penyunting Humphrey Dixon
Distributor Pathé Distribution
United Artists
Tanggal rilis 13 Desember 2002 (US)
21 Maret 2003 (UK)
Durasi 93 min.
Negara  Republik Irlandia
Bahasa English

Evelyn adalah sebuah film drama tahun 2002, yang berbasis dari kisah nyata Desmond Doyle dan perjuangannya melawan Pengadilan Tinggi Republik Irlandia untuk menyatukan kembali anak-anaknya pada tahun 1950-an.

Film ini dibintangi oleh Sophie Vavasseur sebagai pemeran utama, yaitu Evelyn, Pierce Brosnan sebagai ayah Evelyn, serta Aidan Quinn, Julianna Margulies, dan Stephen Rea sebagai pendukung dari kasus Doyle.

Film ini didistribusikan secara terbatas di Amerika Serikat pada 13 Desember 2002, dan kemudian di Inggris pada 21 Maret 2003.

Film ini diproduksi langsung oleh Pierce Brosnan bersama teman-temannya yang mendirikan rumah produksi bernama Irish DreamTime, dengan dibantu oleh MGM Studio, AS, dan United Artist.

Plot[sunting | sunting sumber]

Kisah dimulai saat istri Desmond (Claire Mullan) secara tiba-tiba kabur meninggalkan keluarganya, yang dianggapnya tidak akan mendatangkan kemajuan, kecuali hanya kemiskinan dan kemelaratan, setelah Desmond (Pierce Brosnan) sebagai suaminya dipecat dari pekerjaannya.

Menurut aturan hukum Irlandia diera itu, setiap anak yang orang tuanya menganggur atau tidak bekerja, wajib diserahkan hak asuhnya kepada negara dan sang anak akan ditempatkan di sebuah panti asuhan Katolik.

Desmond, yang mencoba untuk mengembalikan anak-anaknya, apapun caranya, mulai berjuang. Salah satunya adalah dengan cara meminta tolong kepada teman-temannya yang secara tidak sengaja, dikenalnya ketika Desmond sedang mabuk-mabukkan di bar. Bahkan saat itu, Desmond Doyle sempat menyinggung teman-temannya tersebut, tanpa tahu bahwa mereka semua bisa menolong Desmond.

Akhirnya, dengan penuh perjuangan tanpa kenal lelah, Desmond bersama Bernadette Beattie (Julianna Margulies) mencoba menghubungi kakaknya, Michael (Stephen Rea), seorang pengacara AS bernama Maurice (Hugh MacDonagh) dan kawannya yang bernama Thomas Connolly (Alan Bates).

Permasalahan malah semakin merumit ketika istri Desmond menolak untuk mengurus anak-anaknya tersebut dan lebih memilih untuk membiarkan anak-anaknya berada di panti asuhan.

Desmond bersama teman-temannya lalu mengajukan gugatan balik kepada Pengadilan Tinggi Irlandia, dan dengan berbagai alasan mereka kemukakan, namun semuanya selalu gagal di mata hakim.

Di panti asuhan, Evelyn selalu mendapat dukungan moril baik dari kakeknya, maupun dari para suster yang juga mendukung usaha ayahnya tersebut. Akhirnya setelah menunggu dan bolak-balik mengajukan gugatan balik, kasus Desmond diterima oleh Pemerintah Irlandia, dan kemenangan seorang warga miskin ini membalikkan sejarah serta perjalanan hukum di negara kecil tersebut, sehingga setelah kasus Desmond ini, Pemerintah Irlandia mengubah sistem hukum mereka, terutama tentang hukum keluarga dan hukum hak asuh anak, dimana semuanya kini dikembalikan lagi kepada orang tua masing-masing.

Pemain film[sunting | sunting sumber]

  • Evelyn… Sophie Vavasseur
  • Ayah Evelyn (Desmond Doyle)… Pierce Brosnan
  • Ibu Evelyn… Claire Mullan
  • Maurice… Hugh MacDonagh
  • Dermot… Niall Beagan
  • Bernadette Beattie… Julianna Margulies
  • Michael… Stephen Rea
  • Nick… Aidan Quinn
  • Thomas Connolly… Alan Bates

Pranala luar[sunting | sunting sumber]