Etorki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Etorki
Negara asalPrancis
WilayahAquitaine
Sumber susuDomba
DipasteurisasiYa
Waktu pematangan7 minggu
SertifikasiTidak[1]

Etorki adalah keju Prancis yang dibuat dengan menggunakan susu domba yang dipasteurisasi.[1] Keju Etorki dibuat di daerah French Basque di Pyrenees.[2] Susu yang digunakan untuk membuat keju ini adalah susu dari domba yang berkepala hitam.[2] Sampai pada tahun 1984 kebanyakan susu domba dari daerah Aquitaine digunakan untuk membuat keju Roquefort.[1] Namun setelah keju Roquefort disertifikasi oleh AOC maka susu dari daerah tersebut dilarang digunakan lagi untuk pembuatan keju Roquefort.[1] Kemudian sebuah perusahaan yang bernama Fromagerie des Chaumes memanfaatkan susu-susu tersebut untuk membuat keju Etorki.[1] Keju ini memiliki bagian dalam yang berwarna kuning terang dan teksturnya fleksibel.[1] Sementara itu, bagian kulit dari keju ini tipis dan berwarna oranye.[2] Rasa dari keju Etorki manis dan memiliki kandungan lemak yang tinggi.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 27.
  2. ^ a b c d (Inggris) Etorki Cheese Diarsipkan 2010-04-23 di Wayback Machine., Practically Edible. Diakses pada 7 Juni 2010.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]