Es kul-kul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Es kul-kul
SajianHidangan dingin
Tempat asalIndonesia
Suhu penyajianBeku
Bahan utamaCoklat, buah, es lilin, glasir, roti.
Bahan yang umum digunakanbutir coklat, meses
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Es kul-kul merupakan makanan manis beku modern yang muncul pada tahun 2000an yang terdiri dari roti, buah, eskrim dan segala bahan lain yang ditusuk , lalu disalut atau diglasir kemudian dikeraskan dan dibekukan. Glasir yang paling umum adalah coklat dan glasir berperisa buah.[1]

Penamaan[sunting | sunting sumber]

Penamaan es kulkul sendiri berasal dari serapan bahasa inggris yaitu kata "cool" yang berarti dingin dan kemudian diserap menjadi "kul". Nama kulkul juga digunakan sebagai salah satu nama merek eskrim milik Indofood Eskrim.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Es kul kul merupakan makanan modern yang muncul pada awal 2000an. Pada awalnya, es kul kul sangat praktis dibuat, ia lebih umum dibuat dari es lilin atau es potong yang ditusuk kemudian dicelupkan pada coklat cair, sehingga saat dimakan tekstur yang dominan di mulut merupakan lumer dari coklat dan dingin dari es potong. Seiring perkembangan zaman, bahan dasar es kul kul menjadi beragam. Mulai dari buah-buahan , roti-rotian hingga jeli. Karena masyarakat modern yang menyukai keberagaman dan variasi tekstur, terciptalah es kul-kul dengan salutan yang keras dan renyah saat dimakan. Glasir atau salutan es kul-kul tersebut dikeraskan dengan cara dibekukan. Glasir atau salutan kekinian juga kian beragam, mulai dari coklat biasa, coklat gelap, coklat putih, dan glasir berperisa seperti vanila , stroberi atau alpukat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Resep Es Kul Kul yang Sedang Viral, Bisa Jadi Ide Jualan di Rumah". Tribunjateng.com. Diakses tanggal 2023-10-08.