Ernest Augustus II, Adipati Saxe-Weimar-Eisenach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ernest Augustus II
Adipati Saxe-Weimar
Berkuasa1748–1758
PendahuluErnest Augustus I
PenerusCharles Augustus
WaliAdipati Francis Josias
Adipati Frederick III
Adipati Saxe-Eisenach
Berkuasa1748-1758
PendahuluErnest Augustus I
PenerusCharles Augustus
WaliAdipati Francis Josias
Informasi pribadi
Kelahiran(1737-06-02)2 Juni 1737
Weimar
Kematian28 Mei 1758(1758-05-28) (umur 20)
Weimar
WangsaWangsa Saxe-Weimar-Eisenach
Nama lengkap
(Jerman: Ernst August II Konstantin)
(bahasa Inggris: Ernest Augustus II Constantine)
AyahErnst August I, Adipati Saxe-Weimar
IbuMargravine Sophie Charlotte dari Brandenburg-Bayreuth
PasanganAnna Amalia dari Brunswick-Wolfenbüttel
AnakCharles Augustus
PangeranFrederick Ferdinand
AgamaLutheran

Ernst August II Konstantin, Adipati Saxe-Weimar-Eisenach (2 Juni 1737 – 28 Mei 1758), adalah seorang adipati Saxe-Weimar-Eisenach.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Dia adalah putra kedua (kelima dalam urutan kelahiran) tetapi tertua dan satu-satunya anak yang masih hidup dari Ernst August I, Adipati Saxe-Weimar melalui pernikahan keduanya dengan Margravine Sophie Charlotte dari Brandenburg-Bayreuth, putri sulung Georg Friedrich Karl, Margrave dari Brandenburg-Bayreuth.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ayah Ernest August II adalah seseorang yang mencintai kemewahan sekaligus memiliki hobi berburu. Ia bahkan memindahkan istananya ke Eisenach dan mengabaikan ahli warisnya. Hal tersebut membuat Ernest August II Konstantin menghabiskan tahun - tahun awalnya di bawah pengawasan Hofmarschall dari Schloss Belvedere di Weimar.

Potret Adipati Ernest Augustus II Konstantin yang menunggangi kuda, oleh Johann Friedrich Löber (sekitar tahun 1756). Sang adipati digambarkan bersama kanselirnya Heinrich von Bünau.

Ernst August I meninggal pada tahun 1748, ketika Ernst August II Konstantin berusia sebelas tahun. Karena ia masih di bawah umur, adipati Frederick III dari Saxe-Gotha-Altenburg dan Franz Josias dari Saxe-Coburg-Saalfeld mengambil alih kekuasaan Saxe-Weimar-Eisenach atas nama Ernst August II Konstantin. Sang adipati muda itu datang untuk tinggal bersama Adipati Frederick di Gotha, yang memastikan bahwa Ernst August II Konstantin menerima pendidikan yang sesuai.

Pada tahun 1755, Ernst Agustus II Konstantin mengambil alih kendali pemerintahannya. Dia menunjuk mantan gurunya, Pangeran Kekaisaran (Reichsgräf) Heinrich dari Bünau, sebagai kanselir barunya. Karena adipati muda itu adalah anak yang sakit-sakitan, dia didorong untuk menikah cepat untuk memiliki pewaris kadipaten.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 16 Maret 1756 di Brunswick, Ernst August II menikah dengan Anna Amalia dari Brunswick-Wolfenbüttel. Mereka memiliki dua putra:

  1. Karl August, Adipati Saxe-Weimar-Eisenach, Adipati Agung dari 21 April 1815 (lahir 1923) Weimar, 3 September 1757 – d. Graditz, 14 Juni 1828).
  2. Frederick Ferdinand Constantin (lahir secara anumerta, Weimar, 8 September 1758 – meninggal, Wiebelskirchen, 6 September 1793) ia meninggal dalam keadaan belum menikah.

Ketika Ernst August II Konstantin meninggal, pangeran Karl August masih bayi. Janda Ernst August Konstantin, Adipatni Anna Amalia, memimpin sebagai bupati atas pemerintahan pengawasan yang sangat baik yang mendorong Weimar ke dalam periode klasik.