Ermengarda dari Narbonne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ermengarde (Occitan: Ermengarda, Ainermada, atau Ainemarda) (1127 atau 1129 – Perpignan, 14 Oktober 1197), merupakan seorang vicomtesse Narbonne dari tahun 1134 hingga 1192. Dia adalah putri Amalric II dari Narbonne dan istri pertamanya, yang juga bernama Ermengarda.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Amalric II terbunuh pada Pertempuran Fraga pada tanggal 17 Juli 1134,[1] berperang melawan Murabithun bersama dengan Alifonso I dari Aragon. Amalric hanya menyisakan dua orang putri sebagai ahli waris, Ermengarda dan saudari tirinya Ermessinde (putri dari istri kedua Amalric, yang juga bernama Ermessinde). Amalric memiliki setidaknya seorang putra, juga disebut Amalric, dibuktikan dalam berbagai piagam, tetapi dia meninggal lebih dulu (skt. 1130). Dengan demikian, Ermengarda yang berusia lima tahun mewarisi viscounty Narbonne, yang menduduki tempat strategis dalam politik Languedoc: itu diinginkan oleh sejumlah Comte Toulouse, Comte Barcelona, vicomte Trencavel dari Carcassonne, dan Lord Montpellier.

Sebuah denier dicetak oleh Alphonse di Narbonne selama minoritas Ermengarda (1134-43) dengan tulisan di bagian depan DUX ANFOS dan dibaliknya CIVI NARBON

Pada tahun 1142, Alphonse, yang istrinya Faydid dari Uzes baru saja meninggal atau ditolak, menikah dengan Ermengarda yang sekarang remaja.[1] Sebagai reaksi terhadap prospek ini, yang membalikkan keseimbangan kekuasaan di wilayah itu dengan menambahkan Narbonne ke kendali langsung Toulouse, sebuah koalisi penguasa Occitan yang dipimpin oleh Roger II dari Béziers, vicomte Carcassonne, Béziers, Albi dan Razès beraliansi melawan Toulouse.[1] Alphonse dikalahkan oleh koalisi dan narapidana, dan dipaksa untuk berdamai dengan Narbonne dan mengembalikan Ermengarda dan suaminya yang baru ke viscounty sebelum dibebaskan.[1] Setelah pembubaran pernikahannya dengan Alphonse, Ermengarda menikah dengan seorang bawahan Roger II, Bernard dari Anduze.[1]

Kegiatan politik[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1177 ia bergabung dengan Gui Guerrejat (kekasih Azalais de Porcairagues), Bernard Aton V dari Nîmes dan Agde, dan keponakan Gui, Guilhem VIII dari Montpellier dan Gui Burgundion, dalam sebuah aliansi yang menentang Raymond IV dari Toulouse, yang kekuatannya tiba-tiba meningkat ketika ia menjadi penguasa Melgueil sebagai duda Ermessende dari Pelet.

Aktivitas budaya[sunting | sunting sumber]

Pada sekitar tahun 1190, seorang ulama Prancis bernama André le Chapelain menulis "Treatise on Courtly Love" (Latin De Arte honeste amandi). Di bagian kedua dari Risalah, "Bagaimana memelihara cinta", penulis berbicara tentang dua puluh satu "penilaian cinta" yang telah diucapkan oleh para wanita terbesar di kerajaan Prancis. Di antara mereka, tiga penilaian dikaitkan dengan Aliénor dari Aquitaine, tujuh untuk putrinya Marie, dan lima untuk Ermengarde. Meskipun "penilaian" ini mungkin fiktif, mereka membuktikan ketenaran yang diperoleh oleh Ermengarde, bahkan di langue d'oïl di utara. Dia berkorespondensi dengan banyak troubadours, termasuk Peire Rogier, Giraut de Bornelh, Peire d'Alvergne, Pons d'Ortafa, dan Salh d'Escola, serta trobairitz Azalais de Porcairagues.

Selain itu diyakini bahwa ia menyambut ke istananya Rognvald II dari Orkney, seorang pangeran Viking yang menjadi santo, dan penyair, yang menyusun puisi skaldik untuknya.[2]

Tahun-tahun kemudian[sunting | sunting sumber]

Tanpa keturunan setelah dua pernikahan yang tidak bahagia, Ermengarda ditunjuk sebagai pewaris Pedro Manrique de Lara - anak kedua dari putra tirinya, Ermessinda (yang meninggal pada tahun 1177) oleh suaminya, Comte Manrique Pérez de Lara (yang tewas dalam pertempuran di Garcianarro pada tanggal 9 Juli 1164). Pada tahun 1192 Ermengarda menyerahkan viscounty demi mendukung Pedro dan pensiun ke Perpignan, di mana dia meninggal lima tahun kemudian.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Cheyette 2001.
  2. ^ Jacqueline Caille, « Une idylle entre la vicomtesse Ermengarde de Narbonne et le prince Rognvald Kali des Orcades au milieu du XIIe siècle ? », dans G. Romestan (dir.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Jacqueline Caille, Medieval Narbonne: A City at the Heart of the Troubadour World, Ashgate, Variorum Collected Studies Series, 2005.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]