Erchanger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Erchanger (atau Erchangar) (skt. 88021 Januari 917) merupakan seorang Adipati Swabia sejak September 915 sampai kematiannya. Ia merupakan putra Berthold I, Pangeran Palatine dari Swabia, yang terkadang disebut Erchanger juga, dimana adipati itu adalah Erchanger II. Ibunya adalah Gisela, putri Louis si Jerman dan keluarganya dikenal sebagai Wangsa Ahalolfing.

Ia aslinya adalah missus dominicus di Swabia. Pada tahun 911, ia bersekutu dengan Solomon III, Uskup Constance dengan tujuan politik yang sama. Erchanger pada waktu itu berjuang di Swabia untuk kekuatan yang lebih hebat bersama Burchard I dan Burchard II. Ia berperan secara menyolok atas jatuhnya Burchard yang lebih tua, yang dituduh memberontak dan dieksekusi pada tahun 911. Dengan jatuhnya Burchard, Erchanger dan saudaranya Berthold menjadi pemimpin yang paling berkuasa di dalam suku. Pada tahun 913, Erchanger dan Raja Konrad I jatuh, akan tetapi Erchanger menikahkan adiknya Cunigunde dari Swabia dengan raja, yang suaminya, Luitpold, baru meninggal. Dengan pernikahan diplomatik ini, Erchanger menjadi wakil raja di Swabia. Dengan ini, persekutuannya dengan Uskup Agung Salomo III pecah dan uskup agung menentang kenaikannya. Melihat pendapatannya dihabiskan oleh Uskup Agung, Erchanger memenjarakan Salomo III pada tahun 914. Konrad menentang hal ini dan membebaskan uskup agung itu, dan mengasingkan Erchanger.

Erchanger kembali pada tahun 915 dan bertempur bersama dengan keponakannya Arnulf dan musuh lamanya Burchard II menentang Hongaria. Erchanger dan Burchard kemudian berbalik menentang Konrad. Mengalahkannya di Pertempuran Wahlwies, Hegau, Erchanger Diumumkan sebagai adipati. Akan tetapi, di pengadilan tinggi di Hohenaltheim pada bulan September 916, Erchanger ditahan oleh biara atas penghinaannya terhadap raja dan uskup agung. Ia dibunuh atas perintah sang raja pada tanggal 21 Januari 917.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Burchard I
Adipati Swabia
915–917
Diteruskan oleh:
Burchard II