Emil G.Hampp

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Emil G. Hampp yang merupakan sutradara yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara tersebut dikenal sebagai sutradara yang tak sembarangan dalam melahirkan karya-karya filmnya.

Beberapa Sinetron garapan sutradara Emil G-Hampp ialah Terlanjur Sayang, Ikhlas, Hikmah, Kanza, Malinkundang, Gali Lobang tutup Lobang, Ma Ijah Pingin ke Mekkah.

Sinetron seperti Ikhlas dan Hikmah pun diketahui diperankan oleh salah satu Aktris cantik ternama yaitu Tamara Bleszynski.

Dalam film tersebut Tamara Bleszynski mampu bertahan hingga 3 season film Hikmah dari tahun 2004 dan sebelumnya diawali dengan sinetron Ikhlas pada 2003 silam.

Sedangkan FTV yang ditayangkan antara lain, Dadang Dudang yang dibintangi Sule dan Andre Taulany, Mengejar Cinta Olga 1-9 dan When Sule Meet Sulis yang dibintangi Raffi Ahmad dan Sule.

Namun Sutradara yang memiliki darah asli dari Manado ini diketahui lahir di Jogjakarta. Emil G. Hampp pun memiliki ketertarikan dan obsesi yang besar untuk merai kesuksesan. Hal ini yang menjadikan Emil sebagai seorang sutradara yang berkarakter dan mampu menjadi salah satu figure kebanggaan orang Manado.

Sosok Emil pun diketahui besar dan menempuh pendidikan di Manado. Diketahui jika sewaktu SD, Emil G. Hampp menempuh pendidikan sekolah dasar di SD RK 18 Rike, Manado.

Lalu ia melanjutkan ke SMP Don Bosco Manado. Kemudian melanjutkan ke SMA Rex Mundi Manado. Dan dengan keinginan kuatnya untuk mengambil bidang Sinematografi akhirnya membuat Emil merantau ke Jakarta dan mengambil jurusan itu di institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Setelah lulus dirinya pun membuktikan kemampuan dirinya sehingga terbukti mampu menjadi sutradara yang memiliki karya sangat baik.

Sosok sutradara Emil G. Hampp pun diketahui meninggal dunia dalam usia 54 tahun.