Elektrode kalomel jenuh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Elektrode kalomel jenuh (EKJ), bahasa Inggris: saturated calomel electrode, (SCE), adalah elektrode pembanding berdasarkan reaksi antara unsur raksa dan raksa(I) klorida. Elektrode ini telah banyak digantikan oleh elektrode perak klorida, namun elektrode kalomel memiliki reputasi karena kekuatannya. Larutan air yang kontak dengan raksa dan raksa(I) klorida (Hg2Cl2, "kalomel") adalah larutan jenuh kalium klorida dalam air. Elektrode ini normalnya dihubungkan melalui frit (sejenis keramik) ke dalam larutan yang merendam elektrode lainnya. Frit berpori ini adalah jembatan garam.

Dalam notasi sel, elektrode ditulis sebagai:

Teori elektrolisis[sunting | sunting sumber]

Produk kelarutan[sunting | sunting sumber]

Elektrode ini berdasarkan reaksi redoks

Setengah reaksinya dapat disetimbangkan dengan reaksi berikut

.

yang dapat disederhanakan menjadi reaksi pengendapan, dengan tetapan kesetimbangan produk kelarutan.

Persamaan Nernst untuk setengah reaksi ini adalah:

Persamaan Nernst untuk reaksi kesetimbangan adalah:

dengan E0 adalah potensial elektrode standar untuk reaksi dan aHg adalah aktivitas untuk kation raksa (aktivitas untuk cairan 1 Molar adalah 1).

Pada kesetimbangan,

, atau ekuivalen dengan .

Kesetaraan ini memungkinkan kita menemukan produk kelarutan.

Oleh karena tingginya konsentrasi ion klorida, konsentrasi ion raksa(I) () rendah. Ini mengurangi risiko keracunan raksa pada pengguna dan mengurangi masalah raksa lainnya.

Potensial EKJ[sunting | sunting sumber]

Satu-satunya variabel dalam persamaan ini adalah aktivitas (atau konsentrasi) anion klorida. Namun, karena larutan bagian dalam dijenuhkan dengan kalium klorida, aktivitas ini tetap menurut kalium klorida, yaitu sebesar 342 g/L74,5513 g/mol = 4,58(7) M @ 20 °C. Ini memberikan EKJ potensial sebesar +0,248 V vs EHS pada 20 °C dan +0,244 V vs. EHS pada 25 °C,[1] tetapi sedikit lebih tinggi ketika larutan klorida kurang dari jenuh. Contohnya, larutan elektrolit KCl 3,5M menaikkan potensial pembanding menjadi +0,250 V vs EHS pada 25 °C, sementara larutan 0,1M memiliki potensial +0,283 V pada suhu yang sama.

Aplikasi[sunting | sunting sumber]

EKJ digunakan dalam penentuan pH, voltametri siklik dan elektrokimia larutan air umum.

Elektrode ini and elektrode pembanding perak/perak klorida bekerja dengan cara yang sama. Pada kedua elektrode, aktivitas ion logam adalah tetap sesuai kelarutan dalam garam logamnya.

Elektrode kalomel mengandung raksa, yang bahaya kesehatannya lebih besar daripada logam perak yang digunakan dalam elektrode Ag/AgCl.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sawyer, Donald T.; Sobkowiak, Andrzej; Roberts, Julian L. (1995). Electrochemistry for Chemists (edisi ke-2nd). hlm. 192. ISBN 978-0-471-59468-0.