Eleonora dari Anjou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Eleanor dari Napoli
Permaisuri Sisilia
Memerintah sebagai pasangan 17 Mei 1302 – 25 Juni 1337
Pasangan Philip de Toucy
Frederick III dari Sisilia
Anak
Peter II dari Sisilia
Manfred, Adipati Athena dan Neopatria
Constance, Ratu Siprus
Elisabeth, Adipati Wanita Bayern
William, Pangeran Taranto
John, Adipati Randazzo
Wangsa Wangsa Kapetia Anjou
Ayah Charles II dari Napoli
Ibu Mary dari Hongaria
Lahir Agustus 1289
Meninggal 9 Agustus 1341

Eleanor dari Napoli (Agustus 1289 – 9 Agustus 1341) merupakan seorang Permaisuri Frederick III dari Sisilia. Ia adalah anggota keluarga Wangsa Kapetia Anjou melalui kelahiran.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia adalah putri ketiga Charles II dari Napoli dan Mary dari Hongaria.

Eyang paternalnya adalah Charles I dari Sisilia dan Beatrice dari Provence. Eyang maternalnya adalah Stephen V dari Hongaria (wafat tahun 1272) dan istrinya, Ratu Elisabeth, yang adalah putri Zayhan dari Kuni, seorang pemimpin Cuman dan telah dipagan sebelum pernikahannya.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Eleanor pertama-tama menikah pada tahun 1299 dengan Philip de Toucy, putra Narjot de Toucy dan Lucia dari Tripoli. Pernikahan mereka dibubarkan pada tanggal 17 Januari 1300 karena mereka memiliki hubungan keluarga dan tidak meminta izin dari paus untuk menikah.[1]

Pada tanggal 17 Mei 1302, Eleanor menikah untuk yang kedua kalinya dengan Frederick III dari Sisilia. Ayahnya dan suami barunya telah mengikuti perang kekuasaan di Laut Tengah dan terutama Sisilia dan Mezzogiorno. Pernikahan tersebut adalah bagian dari usaha diplomatik untuk membangun hubungan perdamaian yang akan menciptakan Perdamaian Caltabellotta (19 Agustus 1302).

Perdamaian itu membagi Kerajaan Sisilia Kuno kedalam sebuah bagian pulau dan bagian semenanjung. Pulau tersebut, disebut kerajaan Trinacria, jatuh ke tangan Frederick, yang menguasainya, dan Mezzogiorno, disebut Kerajaan Sisilia kontemporer, namun disebut Kerajaan Napoli oleh sarjana modern, jatuh ke tangan Charles II, yang menguasainya. Dengan demikian, perdamaian adalah pengakuan formal dari sebuah status quo yang mengkhawatirkan.

Eleanor dan Frederick memiliki 9 orang anak:

Eleanor wafat pada tanggal 9 Agustus 1341 di Biara San Nicolo di Arena, ia telah menjanda sejak tahun 1337. Ia dimakamkan di biara Fransiskan di Catania.[2]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Blanche dari Anjou
Permaisuri Sisilia
17 Mei 1302 – 25 Juni 1337
Diteruskan oleh:
Elisabeth dari Kärnten