Elaine Chao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Elaine Chao (趙小蘭), lahir 26 Maret 1953, adalah Menteri Tenaga Kerja AS di dalam Kabinet Presiden George W. Bush dari tahun 2001-2009. Ia adalah wanita Asia-Amerika pertama yang duduk dalam kabinet AS.

Masa Kecil dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Chao dilahirkan di Taipei, Taiwan, sebagai putri James S. C Chao, seorang pengusaha dan Ruth Mu-Lan Chu, seorang sejarawan. Orang tuanya mengungsi dari daratan Cina setelah kaum komunis mengambil alih kekuasaan pada saat perang sipil Cina pada tahun 1949. Pada saat usia 8 tahun, Elaine Chao dan keluarganya bermigrasi ke AS. Ia bersekolah di Syosset High School di Long Island, New York.

Chao menerima gelar sarjana muda dalam bidang ekonomi dari Mount Holyoke College pada tahun 1975 dan MBA dari Harvard Business School. Chao juga melakukan studi di MIT, Dartmouth College, dan Columbia University. Ia adalah penerima 29 gelar doktor kehormatan dari berbagai perguruan tinggi di seluruh dunia.

Karier[sunting | sunting sumber]

Kabinet Presiden George H.W. Bush[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1986, Chao kembali ke Washington DC, sebagai deputi Administratur, dari Administratur Kelautan, departemen transportasi AS. Dari tahun 1988 hingga 1989, ia menjabat sebagai Ketua Komisi Kelautan Federal.

Pada tahun 1989, Presiden George H.W. Bush menominasikan Chao menjadi Deputi Menteri Transportasi AS, posisi nomor dua dalam departemen itu. Dari tahun 1991 hingga 1992, Chao adalah mantan Direktur Peace Corps. Di ketiga jabatan tersebut ia adalah wanita asia amerika pertama yang melakukannya. Ia meluaskan program Peace Corps hingga ke Latvia, Lithuania, Estonia, Polandia, dan Negara-negar baru lain yang merupakan pecahan dari uni soviet.

United Way dan Heritage Foundation[sunting | sunting sumber]

Setelah kariernya di pemerintahan, Chao bekerja selama 4 tahun sebagai Presiden dan CEO United Way of America. Ia dianggap berjasa dalam memulihkan kredibilitas dan kepercayaan publik terhadap organisasi tersebut setelah skandal penyalahgunaan keuangan yang memalukan yang melibatkan mantan presidennya Bill Aramony. Dari 1996 sampai dengan pengangkatannya sebagai Menteri Tenaga Kerja, Chao tercatat sebagai anggota kehormatan Heritage Foundation, sebuah lembaga think thank Washington. Pencapaian sebagai Menteri Tenaga Kerja

Selama masa jabatannya, Kementerian Tenaga Kerja AS telah memperbarui aturan lembur pekerja kerah putih di bawah UU Standar Perburuhan yang Adil, yang menjadi agenda dari setiap pemerintahan sejak 1977. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, perlindungan upah lembur secara jelas dijamin bagi pekerja kerah biru, polisi, pemadam kebakaran, pekerja pabrik, pekerja konstruksi, dan pekerja tak tetap lainya. Ini adalah reformasi peraturan paling signifikan dalam periode pertama pemerintahan Bush, peraturan ini melindungi pemberian upah lembur bagi jutaan pekerja.

Pada tahun 2003, Departemen mencapai pembaruan besar pertama dalam keterbukaan keuangan serikat buruh selama 40 tahun, memberikan akses pada setiap anggota serikat akan informasi tentang bagaimana iuran mereka dibelanjakan. Kementerian tersebut juga telah menetapkan catatan perlindungan pekerja yang baru. Dan juga telah meluncurkan reformasi menyeluruh atas program pelatihan pekerja yang dibiayai Negara. Pada tahun 2006 dan 2007, kementerian berhasil menerapkan UU Perbaikan dan Respons Darurat Baru Pertambangan tahun 2006 (Miner Act). Pada 17 Agustus 2006, Presiden Bush menandatangani UU Perlindungan Pensiun, yang melindungi 44 juta pekerja yang jaminan pensiunnya berada di program pensiun swasta.

Setelah Donald Rumsfeld mundur dari jabatan Menteri Pertahanan pada November 2006, ia menjadi satu- satunya anggota asli kabinet Bush yang masih menjabat pada posisi yang sama.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Elaine Chao menikah dengan Mitch McConnell dari Kentucky, Pemimpin partai Republik dari Senat AS. Ia adalah anak tertua dari enam saudara perempuan di keluarganya.