El Paquete Semanal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari El paquete semanal)


El Paquete Semanal ("Paket Mingguan") atau El Paquete adalah sebuah koleksi material digital berukuran satu terabita yang didistribusikan sejak sekitar 2008[1] di pasar gelap di Kuba sebagai pengganti akses Internet.[2]

Konten yang paling popular adalah seri TV, sinetron, musik dan iklan-iklan baris ilegal[klarifikasi diperlukan] tetapi, selain dari itu, juga terdapat film-film, klip video, website-website berita berbahasa Spanyol dan teknologi komputer, video-video instruksional dan iklan-iklan untuk bisnis lokal Kuba. Kebanyakan pembeli hanya meminta bagian-bagian tertentu dari paketnya yang dapat didapatkan sedikitnya seharga US$1.[2][3]

Pada Mei 2016 masih belum diketahui siapa yang mengumpulkan materialnya atau dari mana paket ini didapatkan.[2][4] Ada teori bahwa tidakadanya material yang bertemakan pornografi dan konten-konten yang anti-pemerintah di paket ini menandakan bahwa pemerintah Kuba terlibat di dalam produksinya.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rodríguez, Alejandro (10 de septiembre de 2015). «Voces desde Cuba: El millonario negocio del peculiar “internet” cubano sin conexión a la red». Londres: BBC. Consultado el 1° de octubre de 2015.
  2. ^ a b c Fernandes, Sujatha; Halkin, Alexandra (20 December 2014). "Do Cubans Really Want U.S.-Style Internet Freedom?". NACLA Report on the Americas. Diakses tanggal 5 January 2015. 
  3. ^ San Pedro, Emilio (10 August 2015). "Banned Cuban internet delivered weekly by hand". BBC News. Diakses tanggal 10 August 2015. 
  4. ^ "Palmira Koukkari Mgenga om unga kubaner i en tid av förändring", Radiokorrespondenterna, Sveriges radio, 22 May 2016.
  5. ^ Young, Nora; Fernandes, Sujatha (25 January 2015). "Cuba's underground alternative to the internet". CBC Radio. Diakses tanggal 25 January 2015. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "nacla" yang didefinisikan di kelompok <references> "" tidak memiliki konten.