Aloadai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Efialtes)
Langsung ke: navigasi, cari
Efialtes (kiri) bersama raksasa lainnya.

Dalam mitologi Yunani, Aloadai adalah Otos dan Efialtes (atau Efialtis), anak dari Ifimedia dan Poseidon.[1] Mereka adalah raksasa yang kuat dan agresif. Badan mereka tumbuh sepanjang sembilan jari setiap satu bulan.[2] Mereka memiliki tinggi sembilan depa pada usia sembilan tahun.[3][4]

Dalam mitologi[sunting | sunting sumber]

Otos dan Efialtes sangat kuat sampai-sampai tak ada dewa yang bisa melukai mereka. Suatu malam, ketika mereka sedang tidur, Gaia membisikkan sesuatu pada mereka. Gaia memberitahu mereka bahwa merekalah yang seharusnya berkuasa di Olimpus. Sejak itu, Mereka berusaha menyerang Olimpus dengan cara menumpuk-numpuk gunung sampai setinggi Gunung Olimpus, lalu menyuruh para dewa untuk menyerah. Mereka juga meminta Artemis dan Hera menjadi istri mereka. Para dewa melawan tapi tak dapat mengalahkan mereka. Para Aoladai bahkan mampu menangkap Ares dan mengurungnya dalam kendi selama tiga belas bulan. Artemis lalu berubah wujud menjadi seekor rusa dan berlari di antara para Aloadai. Mereka saling melempar tombak yang kemudian mengenai badan masing-masing dan akhirnya saling membunuh.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Odyssey, xi
  2. ^ Hyginus Fabulae 28.
  3. ^ Kerényi, 1951:154.
  4. ^ Schmitz, Leonhard (1867). "Aloeidae". In William Smith. Dictionary of Greek and Roman Biography and Mythology 1. Boston: Little, Brown and Company. hlm. 132–133. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]