Eduardo Paolozzi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sir Eduardo Paolozzi (lahir di Leith, 7 Maret 1924 – meninggal di London, 22 April 2005 pada umur 81 tahun) adalah salah seorang seniman pop asal Britania Raya yang paling berpengaruh pada abad ke-20.

Paolozzi adalah putra tertua dari orang tua yang merupakan imigran dari Italia pada tahun 1924 di kota Leith, dekat Edinburgh di Skotlandia. Saat masih kanak-kanak, ia mengumpulkan karton rokok bergambar bintang Hollywood, pesawat terbang dan kapal selam, yang menumbuhkan kegemaran sepanjang hayat mengenai hubungan manusia dengan mesin.

Ia belajar di Edinburgh School of Art pada tahun 1943, kemudian untuk sesaat di St Martin's School of Art pada tahun 1944, dan lalu di Slade School of Art di London dari 1944 hingga 1947. Setelah itu ia bekerja di Paris, Perancis.

Paolozzi yang melukis dan membuat patung itu dipandang sebagai pelopor gerakan seni pop di Britania Raya. Karya monumentalnya termasuk serangkaian mozaik di tembok-tembok stasiun Tottenham Court Road Tube di London. Paolozzi dikenal karena patung-patung mekanisnya. Karya lainnya adalah sebuah patung Isaac Newton di lapangan terbuka Perpustakaan Britania Raya (British Library).

Kolase (collage) awal yang dia ciptakan dengan citra budaya populer AS merupakan peletakan batu pertamanya bagi Inggris pada masa pascaperang dan membuatnya menjadi figur pembentuk gerakan seni pop. Ia pindah ke seni cetak layar abstrak pada tahun 1970-an.

Paolozzi juga seorang pendidik di sepanjang kariernya. Dia mengajar bidang desain tekstil di Central School of Art, mengajar patung di St Martin's School of Art, dan mengajar keramik di Royal College of Art, semuanya di London.

Pada tahun 2001, ia diserang penyakit stroke dan hampir meninggal dunia. Setelah itu ia terpaksa banyak bertahan di kursi roda dan wafat pada April 2005.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]