Earnie Shavers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangEarnie Shavers

Biografi
Kelahiran31 Agustus 1944
Garland, Alabama
Kematian1r September 2022 (78 tahun)
Data pribadi
Tinggi183 cm
Kegiatan
Pekerjaanpetinju
Membela negara (untuk olahraga)Amerika Serikat
Olahragatinju
Sports discipline competed inheavyweight

IMDB: nm0789543

Earnie Dee Shaver (31 Agustus 1944 – 1 September 2022), atau lebih dikenal sebagai Earnie Shavers, adalah mantan petinju profesional berkebangsaan Amerika Serikat yang berkarier dari tahun 1969 hingga 1995. Shavers dua kali menjadi penantang gelar kejuaraan tinju kelas berat dan dikenal sebagai salah satu petinju dengan pukulan terkeras sepanjang masa. Dia mencatatkan 68 kemenangan KO, termasuk 23 di antaranya pada ronde pertama. Rasio kemenangan KO miliknya mencapai 76,4%.

Shavers dua kali gagal mendapatkan gelar juara dalam pertandingan yang memperebutkan gelar juara dunia tinju kelas berat karena dikalahkan Muhammad Ali pada tahun 1977 dan Larry Holmes tahun 1978. Dia membuat Ali kesakitan pada ronde kedua dan berhasil merobohkan Holmes pada ronde ketujuh. Shavers mengalahkan tiga mantan juara dunia, yakni Vicente Rondon, Jimmy Ellis, dan Ken Norton. Dia juga mengalahkan Joe Bugner yang pernah tiga kali menjadi juara tinju kelas berat Eropa dan penantang teratas di divisi kelas berat, Jimmy Young.

Pada tahun 2001 Shavers menerbitkan autobiografinya yang berjudul Welcome to the Big Time. Sejak pensiun dari tinju, dia menghadiri berbagai acara tinju, misalnya sebagai tamu istimewa, penandatangan autograf, dan motivator.

Karier amatir[sunting | sunting sumber]

Shavers mulai bertinju pada penghujung usianya yang ke-22. Sebelum pindah ke tinju professional, dia memiliki karier tinju amatir yang terbilang singkat, tetapi cukup bagus karena memenangkan gelar juara kelas berat National AAU pada tahun 1969.[1]

Pada bulan Maret 1969 Direktur National Golden Gloves, Tony Mange, mengatakan Shavers "memiliki pukulan yang amat kuat".[2] Dia mencatatkan kemenangan KO sebanyak sembilan kali secara berturut-turut sebelum kalah KO oleh petinju Jerman Barat bernama Horst Koschemann yang berbobot 230 pound (104 kg).[3]

Pencapaian penting[sunting | sunting sumber]

Shavers mencatatkan rekor 20–6 dalam karier tinju kelas berat amatir dengan catatan kemenangan KO sebanyak 14 kali (setengah dari seluruh kekalahannya adalah kekalahan KO.)[4]

Karier profesonal[sunting | sunting sumber]

Pertandingan-pertandingan awal[sunting | sunting sumber]

Dijuluki sebagai "Black Destroyer" atau "Si Hitam Penghancur", Shavers menang KO sebanyak 44 kali dalam 47 pertandingan pertamanya; kebanyakan melawan petinju dengan kemampuan yang biasa-biasa saja. Ini termasuk kemenangan KO sebanyak 27 kali secara berturut-turut, dan sebanyak 20 di antaranya terjadi pada ronde pertama. Dia juga mendapatkan hasil kurang baik karena dikalahkan Ron Stander dan Stan Johnson.

Dia mulai naik ke peringkat atas di divisi kelas berat setelah mempekerjakan promotor tinju asal Cleveland, Don King, sebagai manajernya. Catatan kemenangannya termasuk kemenangan atas petinju muda bernama Jimmy Young yang kelak menjadi penantang di kelas berat. Dia meningkatkan kualitas kompetisi dan mendapatkan ketenaran setelah mengalahkan Jimmy Ellis yang pernah menjadi juara kelas berat versi sabuk WBA pada ronde pertama. Namun, catatan bagusnya terhenti setelah kalah KO pada ronde pertama oleh Jerry Quarry, dan kemudian disusul kekalahan lainnya, kali ini oleh seorang journeyman bernama Bob Stallings. Shavers kemudian melakoni pertandingan brutal melawan Ron Lyle yang punya pukulan keras. Namun, pertandingan brutal itu dihentikan pada ronde keenam dan Shavers dinyatakan kalah TKO. Dia kemudian menang KO atas Howard King yang punya pukulan keras. Selanjutnya, dia mengalahkan Roy Williams yang kuat dan bertalenta dalam sebuah pertandingan brutal, menyerang dan bertahan, yang di dalamnya Shavers hampir saja KO. Shavers menegaskan pertandingan itu sebagai salah satu yang tersulit sepanjang kariernya.

Melawan para juara dunia[sunting | sunting sumber]

Shavers vs Ali[sunting | sunting sumber]

Shavers melawan Muhammad Ali di Madison Square Garden pada tanggal 29 September 1977.[5] Sebelum melakoni pertandingan itu, Shavers memiliki catatan 54–5–1, dengan 52 kemenangan KO. Ali menjuluki Shavers "The Acorn" atau "Si Biji Ek" karena kepalanya dicukur botak. Pertandingan itu ditayangkan pada jam utama melalui siaran televisi NBC, yang jarang menayangkan pertandingan pada jam utama (ABC biasa menayangkan pertandingan-pertandingan Ali) dan meminta skor dari para juri diumumkan pada tiap ronde untuk membantu menghindari adanya keputusan kontroversial. Pelatih Ali, Angelo Dundee, meminta promotor asal Baltimore, Eddie Hrica, untuk melihat siaran di kamar ganti dan mengirimkan hasil penjurian. Pada ronde kedua, pukulan overhand kanan Shavers membuat Ali kesakitan. Ali berpura-pura terluka serius, dan Shavers berhenti sesaat. Pada kartu skor, mereka bertukar ronde kemenangan. Ali memenangkan ronde kelima secara meyakinkan. Untuk memenangkan pertandingan, Ali harus bisa bertahan pada tiga ronde terakhir. Shavers, yang staminanya meragukan sebelum pertandingan itu, tampil kuat pada ronde ke-13. Pada ronde ke-14, dia membuat Ali hampir terluka di dalam ring. Sebelum ronde ke-15, menurut penulis tinju dari majalah Sports Illustrated, Pat Putnam, "Ali berdiri di atas kaki yang amat goyah."

Menyadari bahwa Ali perlu bertahan tiga menit lagi, Dundee berkata kepadanya, "Kau tampak tidak terlalu baik. Lebih baik kau menyerang habis-habisan dan memenangkan ronde ini." Pada ronde terakhir yang brutal, keduanya saling tagged each other, tetapi Ali mengakhiri ronde itu dengan tampil kuat, hampir merobohkan Shavers pada 20 detik terakhir. Dia menang lewat keputusan bulat. Sehari setelahnya, promotor asal Madison Square Garden, Teddy Brenner, menyarankan Ali untuk pensiun dengan mengatakan bahwa Madison Square Garden tidak akan pernah lagi menawarkan untuk menggelar pertandingan Ali. Brenner juga berpikir Shavers layak dipuji dalam pertandingannya melawan Ali. Pertandingan itu menjadi sampul majalah Sports Illustrated, dengan judul "ALI'S DESPERATE HOUR" dan menampilkan foto Shavers mendapatkan poin dengan sebuah pukulah overhand kanan.[6] Dokter yang bertugas ketika Ali bertanding, Ferdie Pacheco, juga mendesak Ali untuk pensiun setelah mengamati pukulan-pukulan yang diterima Ali saat melawan Shavers. Ali kemudian berkata bahwa Shavers adalah petinju dengan pukulan terkeras yang pernah dia hadapi, dan mengatakan "Earnie memukulku sangat keras, mengguncang kerabatku hingga kembali ke Afrika" - sebuah lelucon yang sebelumnya digunakan Ali untuk menyebut lawan-lawan lain yang punya pukulan keras.[7]

Shavers vs Norton[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah pertandingan eliminator untuk menentukan petinju yang akan menjadi penantang wajib, dia menang KO atas mantan juara, Ken Norton, pada ronde pertama, mungkin menjadi kemenangan terbesar dalam kariernya..

Shavers vs Holmes[sunting | sunting sumber]

Shavers kemudian bertanding untuk merebut gelar juara dunia kelas berat dari Larry Holmes di Caesars Palace di Paradise, NV pada tanggal September 29, 1979, tepat dua tahun setelah dikalahkan oleh Ali. Shavers sempat merobohkan Holmes pada ronde ketujuh. Namun, setelah Shavers menerima pukulan-pukulan pada ronde ke-11 tanpa bisa membalas, wasit menghentikan pertandingan. Holmes, yang dikenal mampu menahan pukulan, kemudian berkata bahwa pukulan Shavers adalah pukulan terkeras yang pernah dia terima dalam kariernya.

Penghujung karier[sunting | sunting sumber]

Pertandingan melawan Holmes adalah pertandingan besar yang terakhir bagi Shavers. Pada tahun 1980, dalam sebuah pertandingan brutal yang penuh dengan pukulan keras, dia dihentikan pada ronde kedelapan oleh Randall "Tex" Cobb yang mampu menahan pukulan dan menunjukkan potensi besar. Sebelum melawan Cobb fight, Shavers menjalani operasi mata karena retinanya terlepas. (karena pada saat itu operasi mata tidak sebaik saat ini, mayoritas petinju pensiun selamanya setelah mengalami cedera seperti itu. Meminjam ucapan Duane Ford, bagi petinju, retina mata yang terlepas bagaikan didiagnosis menderita AIDS[8]). Shavers tidak sepenuhnya pulih dari operasi ketika dia kembali bertanding melawan Cobb. Dia tidak pernah lagi bertarung dalam pertandingan yang memperebutkan gelar juara dunia. Pada tahun 1982 dia melawan Joe Bugner yang juga baru saja kembali. Bugner dirobohkan pada ronde pertama, dan pertandingan dihentikan pada ronde kedua karena adanya luka berdarah.

Shavers terus melakoni pertandingan profesional selama beberapa tahun kemudian. Dia pensiun pada tahun 1995 setelah dikalahkan Brian Yates. Banyak yang meyakini Shavers seharusnya sudah pensiun setelah kekalahan mengejutkan yang didapatkannya ketika melawan penantang papan bawah, Bernardo Mercado. Shavers menderita cedera retina mata seperti yang dialami oleh petinju Sugar Ray Leonard.

Kembali bertanding[sunting | sunting sumber]

Shavers kembali secara singkat dari pensiun sebanyak dua kali, yakni melakoni satu pertandingan tahun 1987, dan dua pertandingan pada tahun 1995. Pada pertandingan terakhirnya, dia kalah KO oleh Brian Yates pada ronde kedua. Setelah kekalahan ini, Shavers pensiun selamanya.

Majalah The Ring dan lainnya memasukkan Shavers ke dalam daftar 10 petinju dengan pukulan keras dalam sejarah.[9][10]

Shavers mengakhiri kariernya pada 1995 dengan catatan 74 kemenangan (68 melalui KO, 23 pada ronde pertama, 46 pada tiga ronde pertama), 14 kekalahan dan 1 hasil imbang).

Gaya bertarung[sunting | sunting sumber]

Shavers at Celebrity Fight Night in Phoenix, 2017

Shavers adalah petinju dengan pukulan yang luar biasa keras. Dia menguntit lawan-lawannya dan memerangkap mereka agar bisa melepaskan pukulan tangan kanannya yang sangat keras. Pukulan tangan kanannya itu menghasilkan banyak kemenangan KO baginya. Kendati demikian, Angelo Dundee dalam sebuah artikel di majalah Sports Illustrated yang terbit pertengahan tahun 1970-an berkata, "Dia bisa membuatmu KO dengan jenis pukulan apa pun", merujuk kepada kemampuan Shavers membuat lawannya terluka dengan pukulan hook kiri, cross kanan, atau uppercut kanan. Beberapa petinju yang terkenal mampu menahan pukulan telah dirobohkan oleh pukulan Shavers, termasuk Bugner dan Ellis yang roboh karena pukulan uppercut Shavers.

Shavers akan melayangkan tinju ke bagian tubuh yang legal untuk dipukul dan bisa dia jangkau, baik yang terbuka maupun terlindungi. Dia mengandalkan pukulannya yang amat keras untuk membuat letih lawannya dan memanfaatkan setiap bagian tubuh yang tidak terlindungi. Gaya bertarungnya membuatnya terlihat pendek dan kuat. Kelemahannya adalah tidak mampu menahan pukulan kuat. Namun, di samping mengandalkan pukulan keras, dia juga bisa bertinju dengan mengandalkan teknik. Misalnya, ketika tangan kanannya terluka pada awal pertandingan melawan Henry Clark, seorang petinju berkemampuan lumayan, yang berlangsung 10 ronde, dia mengatasinya dengan mengandalkan pukulan jab yang bagus untuk mengalahkan Clark melalui perolehan poin. Clark sendiri terkenal memiliki pukulan jab yang bagus.

Video dan buku[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1992 Shavers menerbitkan sebuah video berisi momen-momen penting selama kariernya, berjudul Earnie D. Shavers, The hardest one-punch hitter, dan kemudian sebuah autobiografi.

Kehidupan setelah pensiun[sunting | sunting sumber]

Shavers in 2005

Shavers pensiun pada tahun 1983 setelah diketahui bahwa retinanya bermasalah. Setelah pensiun, dia ditahbiskan menjadi pendeta Kristen dan pindah ke Phoenix, tempat dia memberikan khotbah selama bertahun-tahun.Dia pindah ke Inggris untuk menjadi pendeta di sebuah gereja di sana pada awal tahun 2000-an. Dia tampil beberapa kali dalam acara Benny Hinn di TV.

Pada awal tahun 1980-an ketika sedang mempersiapkan diri untuk memerankan film Rocky III, Sylvester Stallone menyelidiki kemungkinan menggunakan seorang yang benar-benar petinju kelas berat untuk memerankan James "Clubber" Lang dengan mengajak Earnie Shavers untuk berlatih tanding dengannya. Shavers menolak memukul Stallone dengan pukulan apa pun kecuali pukulan jab ringan. Ini membuat Stallone frustrasi dan kemudian meminta Shavers, "Ayolah Earnie, perlihatkan kepadaku pukulan yang sebenarnya." Earnie menanggapi permintaan itu dengan melayangkan satu kali pukulan ke area liver dan membuat Stallone harus berhenti bekerja untuk sementara. Stallone kemudian berkata, "Itu hampir membunuhkan. Aku langsung pergi ke kamar mandi laki-laki dan muntah".[11] Namun, menurut Rhonda Young, sutradara yang bertugas memilih para pemeran untuk film ini, penyebab Shavers akhirnya tidak terpilih untuk peran itu adalah karena nada suaranya terlalu tinggi and tampangnya kurang mengancam (Joe Frazier juga diperhitungkan untuk peran ini, tetapi dilaporkan bahwa dia bahkan tidak bisa membaca naskah kalimat dengan lancar).[12]

Shavers mengunjungi Ali beberapa kali dan berkata bahwa dia, Ali, dan George Foreman menjadi sahabat karib selama bertahun-tahun. Foreman, ketika ditanya mengenai lawan dengan pukulan terkuat dan terkeras yang pernah dia jumpai di dalam ring, dia berkata:[13]

Foreman: Sepanjang kariermu, kau hanya bertemu tiga petinju yang pukulannya benar-benar keras: Gerry Cooney, Ronnie Lyle dan Cleveland Williams, dan mereka memukul sangat keras sehingga menggetarkan tubuhmu, bahkan meski kamu membloknya, pukulan itu bergerak menembusmu.

Letterman: Bagaimana dengan Earnie Shavers?

Foreman: Aku tak pernah melawan Earnie Shavers. Syukurlah!

Shavers menerima undangan dari Full Gospel Business Men's Fellowship International[14] memberikan petuahnya pada ajang Commonwealth Games tahun 2002 di Manchester.

Earnie juga bekerja di Liverpool, Inggris, sebagai kepala keamanan di Hannah's Bar dan di sana dia sangat disegani. Staf Hannah's Bar berkata bahwa Shavers kini tidak bekerja di sana. Hingga tahun 2009, dia bekerja di Yates' Wine Lodge di Liverpool dengan "mengikuti pertemuan memberikan sambutan". Terkadang Shavers menjadi wasit dalam pertandingan gulat profesional setelah dia pensiun

Dia juga menjadi Patron of The Shannon Bradshaw Trust yang bermarkas di Warrington, Cheshire,[15] sebuah lembaga amal yang bertujuan membantu anak-anak dengan kondisi mengancam hidup mereka, dan keluarga mereka.

Earnie berpidato di depan para murid di Barr Beacon Language College di Walsall. Earnie juga memberikan pidato pada tanggal 26 Februari 2008 di The Streetly School di Walsall, yang pada intinya membantu anak-anak untuk membuat keputsan yang tepat dalam hidup mereka.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Shavers menikah dengan Laverne Payne.Mereka memiliki lima anak perempuan dari hasil pernikahan mereka: Tamara, Cynthia, Catherine, Carla, dan Amy. Dia memiliki empat anak perempuan dan satu anak laki-laki dari hasil hubungan lainnya: Catherine, Lisa, Natasha, dan Latonya, dan seorang putra bernama Earnie, Jr. Dia memiliki 24 cucu dan satu buyut. Dia bekerja di General Motors di Lordstown, Ohio, pada tahun 1960-an. Shavers tampil sebagai tamu dalam program TV asal Irlandia, The Late Late Show, yang dibawakan oleh Ron Lyle. Dalam acara itu kedua petinju membicarakan pertandingan yang mereka lakoni sebulan sebelumnnya. Shavers rutin mengunjungi bar "Roddy Bolands" di Dublin. Pada tembok bar itu terdapat gambar Shavers, disertai tanda tangan, yang sedang meneguk setengah botol bir Guinness.

Rekor tinju profesional[sunting | sunting sumber]

Templat:BoxingRecordSummary

No. Hasil Rekor Lawan Jenis kemenanang/kekalahan Ronde berakhir, jumlah ronde Tanggal Lokasi Catatan
89 Kalah 74–14–1 Amerika Serikat Brian Yates KO 2 (10), 2:49 24 November 1995 Amerika Serikat Ho-Chunk Casino, Wisconsin Dells, Wisconsin, U.S.
88 Menang 74–13–1 Amerika Serikat Brian Morgan MD 8 19 September 1995 Amerika Serikat Georgetowne Club, Omaha, Nebraska, U.S.
87 Menang 73–13–1 Amerika Serikat Larry Sims KO 2 (10), 1:30 16 Mei 1987 Amerika Serikat Technical College Gymnasium, Cincinnati, Ohio, U.S.
86 Kalah 72–13–1 Amerika Serikat George Chaplin DQ 9 (10), 2:41 1 Maret 1983 Amerika Serikat Civic Center, Baltimore, Maryland, U.S. Shavers didiskualifikasi karena low blows
85 Menang 72–12–1 Amerika Serikat Rahim Muhammad PTS 10 29 Januari 1983 Amerika Serikat El Paso, Texas, U.S.
84 Menang 71–12–1 Amerika Serikat Tony Perea KO 7 (10) 5 Novovember 1982 Amerika Serikat El Paso, Texas, U.S.
83 Menang 70–12–1 Amerika Serikat Phil Clinard TKO 2 (8), 1:05 14 Oktober 1982 Amerika Serikat Duke's Country, Tulsa, Oklahoma, U.S.
82 Menang 69–12–1 Amerika Serikat Chuck Gardner KO 2 (10), 2:07 5 September 1982 Amerika Serikat Wales, Wisconsin, U.S.
81 Kalah 68–12–1 Amerika Serikat Walter Santemore UD 10 17 Agustus 1982 Amerika Serikat Blackham Coliseum, Lafayette, Louisiana, U.S.
80 Menang 68–11–1 Amerika Serikat Billy Joe Thomas KO 5 (10) 22 Juni 1982 Amerika Serikat Astroarena, Houston, Texas, U.S.
79 Kalah 67–11–1 Amerika Serikat James Tillis UD 10 Jun 11, 1982 Amerika Serikat Caesars Palace, Paradise, Nevada, U.S.
78 Menang 67–10–1 Amerika Serikat Danny Sutton TKO 7 (10) 15 Mei 1982 Amerika Serikat USS Yorktown (CV-10), Charleston, South Carolina, U.S.
77 Menang 66–10–1 Inggris Joe Bugner TKO 2 (10), 2:14 8 Mei 1982 Amerika Serikat Reunion Arena, Dallas, Texas, U.S.
76 Menang 65–10–1 Amerika Serikat Ali Haakim PTS 10 22 April 1982 Amerika Serikat Grand Traverse Hilton, Traverse City, Michigan, U.S.
75 Menang 64–10–1 Amerika Serikat Jeff Sims KO 5 (10), 1:34 11 Desember 1981 Bahama Queen Elizabeth Sports Centre, Nassau, Bahamas
74 Menang 63–10–1 Amerika Serikat Mike Rodgers KO 2 (10), 1:38 9 September 1981 Amerika Serikat Civic Center, Lansing, Michigan, U.S.
73 Menang 62–10–1 Amerika Serikat Terry Mims KO 2 (10), 1:35 29 Juli 1981 Amerika Serikat Civic Center, Saginaw, Michigan, U.S.
72 Menang 61–10–1 Amerika Serikat Ted Wadkins TKO 2 (10), 1:30 Oct 17, 1980 Amerika Serikat Auditorium, West Palm Beach, Florida, U.S.
71 Kalah 60–10–1 Amerika Serikat Randall Cobb TKO 8 (10), 2:19 2 Agustus, 1980 Amerika Serikat Joe Louis Arena, Detroit, Michigan, U.S.
70 Menang 60–9–1 Amerika Serikat Leroy Boone UD 10 14 Juni 1980 Amerika Serikat Riverfront Coliseum, Cincinnati, Ohio, U.S.
69 Kalah 59–9–1 Kolombia Bernardo Mercado TKO 7 (10), 0:41 8 Maret 1980 Amerika Serikat The Great Gorge Playboy Club Hotel, Vernon Township, New Jersey, U.S.
68 Kalah 59–8–1 Amerika Serikat Larry Holmes TKO 11 (15), 2:00 28 September 1979 Amerika Serikat Caesars Palace, Paradise, Nevada, U.S. Memperebutkan gelar juara tinju dunia versi WBC
67 Menang 59–7–1 Templat:Country data Virgin Islands Eddie Parotte TKO 3 (10) 25 Mei 1979 Amerika Serikat Coliseum, Richfield, Ohio, U.S.
66 Menang 58–7–1 Amerika Serikat Ken Norton KO 1 (12), 1:58 23 Maret 1979 Amerika Serikat Las Vegas Hilton, Winchester, Nevada, U.S.
65 Menang 57–7–1 Amerika Serikat Harold Carter KO 3 (10) 4 Desember 1978 Amerika Serikat Civic Center, Saginaw, Michigan, U.S.
64 Menang 56–7–1 Amerika Serikat John Girowski KO 4 (10), 1:48 9 Oktober 1978 Amerika Serikat Coliseum, Hampton, Virginia, U.S.
63 Menang 55–7–1 Amerika Serikat Harry Terrell RTD 1 (10), 3:00 20 Juli 1978 Amerika Serikat The Dome Civic Center, Virginia Beach, Virginia, U.S.
62 Kalah 54–7–1 Amerika Serikat Larry Holmes UD 12 25 Maret 1978 Amerika Serikat Caesars Palace, Paradise, Nevada, U.S.
61 Kalah 54–6–1 Amerika Serikat Muhammad Ali UD 15 Sep 29, 1977 Amerika Serikat Madison Square Garden, New York City, New York, U.S. Memperebutkan sabuk WBA, WBC, The Ring, dan juara linier kelas berat
60 Menang 54–5–1 Amerika Serikat Howard Smith KO 2 (10), 2:18 16 April 1977 Amerika Serikat The Aladdin, Paradise, Nevada, U.S.
59 Menang 53–5–1 Amerika Serikat Roy Williams KO 10 (10), 2:46 11 Desember 1976 Amerika Serikat The Aladdin, Paradise, Nevada, U.S.
58 Menang 52–5–1 Amerika Serikat Henry Clark TKO 2 (10), 2:19 28 September 1976 Amerika Serikat Yankee Stadium, New York City, New York, U.S.
57 Menang 51–5–1 Amerika Serikat Henry Clark PTS 10 28 Maret 1976 Prancis Pavillon de Paris, Paris, France
56 Menang 50–5–1 Amerika Serikat Tommy Howard KO 3 (10), 2:00 13 November 1975 Amerika Serikat Howard Johnson's, Monroeville, Pennsylvania, U.S.
55 Kalah 49–5–1 Amerika Serikat Ron Lyle TKO 6 (12), 0:47 13 September 1975 Amerika Serikat Coliseum, Denver, Colorado, U.S.
54 Menang 49–4–1 Jamaika Oliver Wright TKO 3 (10), 1:55 8 Mei 1975 Amerika Serikat Steelworkers Hall, Baltimore, Maryland, U.S.
53 Menang 48–4–1 Amerika Serikat Rochell Norris TKO 10 (10), 0:31 9 April 1975 Amerika Serikat Broome County Veterans Memorial Arena, Binghamton, New York, U.S.
52 Menang 47–4–1 Amerika Serikat Leon Shaw KO 1 (10), 2:55 11 Februari 1975 Amerika Serikat Sports Stadium, Orlando, Florida, U.S.
51 Imbang 46–4–1 Amerika Serikat Jimmy Young SD 10 26 November 1974 Amerika Serikat Capital Centre, Landover, Maryland, U.S.
50 Kalah 46–4 Amerika Serikat Bob Stallings UD 10 4 November 1974 Amerika Serikat Felt Forum, New York City, New York, U.S.
49 Menang 46–3 Amerika Serikat Roy Wallace KO 1 (10), 2:11 16 Mei 1974 Amerika Serikat Civic Auditorium, San Jose, California, U.S.
48 Kalah 45–3 Amerika Serikat Jerry Quarry TKO 1 (10), 2:21 14 Desember 1973 Amerika Serikat Madison Square Garden, New York City, New York, U.S.
47 Menang 45–2 Amerika Serikat Jimmy Ellis KO 1 (10), 2:39 18 Juni 1973 Amerika Serikat Madison Square Garden, New York City, New York, U.S.
46 Menang 44–2 Amerika Serikat Harold Carter KO 1 (10), 2:10 12 Mei 1973 Kanada Windsor Arena, Windsor, Ontario, Canada
45 Menang 43–2 Amerika Serikat Jimmy Young TKO 3 (10), 2:59 19 Februari 1973 Amerika Serikat Spectrum, Philadelphia, Pennsylvania, U.S.
44 Menang 42–2 Amerika Serikat Leroy Caldwell KO 2 (10), 2:00 25 Oktober 1972 Amerika Serikat High School Gym, Newton Falls, Ohio, U.S.
43 Menang 41–2 Amerika Serikat A J Staples TKO 1 (10), 2:12 19 September 1972 Amerika Serikat Moonlight Gardens Ballroom, Canton, Ohio, U.S.
42 Menang 40–2 Venezuela Vicente Rondón UD 10 26 Agustus 1972 Amerika Serikat Memorial Auditorium, Canton, Ohio, U.S.
41 menang 39–2 Amerika Serikat Lou Bailey KO 2 (10), 1:07 5 Mei 1972 Amerika Serikat Armory, Akron, Ohio, U.S.
40 Menang 38–2 Kanada Bob Felstein TKO 5 (10), 2:38 22 April 1972 Amerika Serikat Fieldhouse, Struthers, Ohio, U.S.
39 Menang 37–2 Amerika Serikat Charley Polite KO 3 (10), 0:50 6 April 1972 Amerika Serikat Packard Music Hall, Warren, Ohio, U.S.
38 Menang 36–2 Amerika Serikat Elgie Walters KO 2 (10), 0:20 15 Februari 1972 Amerika Serikat Beaumont, Texas, U.S.
37 Menang 35–2 Amerika Serikat Ted Gullick KO 6 (10) 1 Februari 1972 Amerika Serikat Packard Music Hall, Warren, Ohio, U.S.
36 Menang 34–2 Amerika Serikat Del Morris KO 3 (10), 2:40 28 November 1971 Amerika Serikat Bryant, South Dakota, U.S.
35 Menang 33–2 Amerika Serikat Cleo Daniels KO 2 (10) 23 November 1971 Amerika Serikat Packard Music Hall, Warren, Ohio, U.S.
34 Menang 32–2 Amerika Serikat Elmo Henderson KO 4 (10), 2:35 28 Oktober 1971 Amerika Serikat Sahara Tahoe, Stateline, Nevada, U.S.
33 Menang 31–2 Amerika Serikat Charlie Boston KO 2 (10), 1:55 16 Oktober 1971 Amerika Serikat Dean Chance Gymnasium, Akron, Ohio, U.S.
32 Menang 30–2 Amerika Serikat Pat Duncan KO 5 (10) 28 September 1971 Amerika Serikat Primadonna, Reno, Nevada, U.S. Memenangkan gelar juara kelas berat Nevada yang sedang kosong
31 Menang 29–2 Amerika Serikat Richard Pittman KO 1 (10) 11 Agustus 1971 Amerika Serikat Silver Slipper, Paradise, Nevada, U.S.
30 Menang 28–2 Amerika Serikat Bill McMurray KO 1 (10), 2:56 13 Juli 1971 Amerika Serikat Sahara Tahoe, Stateline, Nevada, U.S.
29 Menang 27–2 Amerika Serikat Bill Hardney KO 1 (10), 1:52 29 Juni 1971 Amerika Serikat Western Reserve Field, Warren, Ohio, U.S.
28 Menang 26–2 Amerika Serikat Chuck Leslie KO 10 (10), 1:15 10 Juni 1971 Amerika Serikat Sahara Tahoe, Stateline, Nevada, U.S.
27 Menang 25–2 Amerika Serikat Willie Johnson TKO 4 (10), 0:33 24 April 1971 Amerika Serikat Curtis Hixon Hall, Tampa, Florida, U.S.
26 Menang 24–2 Amerika Serikat Mac Harrison KO 2 (10), 1:16 21 April 1971 Amerika Serikat Dean Chance Gymnasium, Akron, Ohio, U.S.
25 Menang 23–2 Nigeria Young Agabab KO 1 (10) 24 Maret 1971 Amerika Serikat Silver Slipper, Paradise, Nevada, U.S.
24 Menang 22–2 Amerika Serikat Steve Carter TKO 1 (10) 3 Maret 1971 Amerika Serikat Silver Slipper, Paradise, Nevada, U.S.
23 Menang 21–2 Amerika Serikat Dick Gosha TKO 5 (10), 2:38 17 Februari 1971 Amerika Serikat Armory, Akron, Ohio, U.S.
22 Menang 20–2 Amerika Serikat Johnny Mac KO 3 (10) 3 Februari 1971 Amerika Serikat Silver Slipper, Paradise, Nevada, U.S.
21 Menang 19–2 Amerika Serikat Nat Shaver KO 1 (6) 15 Januari 1971 Amerika Serikat Convention Center, Miami Beach, Florida, U.S.
20 Menang 18–2 Amerika Serikat Lee Estes KO 2 (8) 6 Januari 1971 Amerika Serikat Silver Slipper, Paradise, Nevada, U.S.
19 Menang 17–2 Amerika Serikat Bunky Akins KO 1 (6), 0:59 7 Desember 1970 Amerika Serikat Madison Square Garden, New York City, New York, U.S.
18 Menang 16–2 Amerika Serikat Johnny Mac TKO 4 (8) 18 November 1970 Amerika Serikat Fitch High School Gym, Austintown, Ohio, U.S.
17 Menang 15–2 Amerika Serikat Johnny Hudgins KO 1 (6), 0:55 14 Oktober 1970 Amerika Serikat Moonlight Gardens Ballroom, Canton, Ohio, U.S.
16 Menang 14–2 Amerika Serikat Don Branch KO 1 (6) 12 September 1970 Amerika Serikat Cooper Stadium, Columbus, Ohio, U.S.
15 Menang 13–2 Amerika Serikat Jim Daniels KO 1 (10) 29 Agustus 1970 Amerika Serikat Fitch High School Gym, Austintown, Ohio, U.S.
14 Kalah 12–2 Amerika Serikat Ron Stander KO 5 (8), 0:52 11 Mei 1970 Amerika Serikat Civic Auditorium, Omaha, Nebraska, U.S.
13 Menang 12–1 Amerika Serikat Frank Smith TKO 4 (6) 14 April 1970 Amerika Serikat Moonlight Gardens Ballroom, Canton, Ohio, U.S.
12 Menang 11–1 Amerika Serikat Ron Asher KO 1 (8), 0:58 23 Maret 1970 Amerika Serikat Fitch High School Gym, Austintown, Ohio, U.S.
11 Menang 10–1 Amerika Serikat Art Miller TKO 1 (6), 2:41 10 Maret 1970 Amerika Serikat Moonlight Gardens Ballroom, Canton, Ohio, U.S.
10 Menang 9–1 Amerika Serikat Abe Brown TKO 5 (6), 1:35 27 Januari 1970 Amerika Serikat Sports Stadium, Orlando, Florida, U.S.
9 Menang 8–1 Amerika Serikat Joe Byrd TKO 3 (6), 1:35 24 Januari 1970 Amerika Serikat Memorial Auditorium, Canton, Ohio, U.S.
8 Menang 7–1 Amerika Serikat Abe Brown TKO 1 (6), 1:44 7 Januari 1970 Amerika Serikat Armory, Akron, Ohio, U.S.
7 Menang 6–1 Amerika Serikat Gene Idelette TKO 2 (6) 23 Desember 1969 Amerika Serikat Sports Stadium, Orlando, Florida, U.S.
6 Menang 5–1 Amerika Serikat Chico Froncano KO 1 (4), 2:05 18 Desember 1969 Amerika Serikat Memorial Auditorium, Canton, Ohio, U.S.
5 Menang 4–1 Amerika Serikat J. D. McCauley KO 2 (4), 2:18 4 Desember 1969 Amerika Serikat Armory, Akron, Ohio, U.S.
4 Menang 3–1 Amerika Serikat Lee Roy KO 3 (6), 2:30 21 November 1969 Amerika Serikat Municipal Auditorium, Rapid City, South Dakota, U.S.
3 Kalah 2–1 Amerika Serikat Stan Johnson UD 4 13 November 1969 Amerika Serikat Ice Arena, Seattle, Washington, U.S.
2 Menang 2–0 Amerika Serikat George Holden KO 1 (6), 1:01 11 November 1969 Amerika Serikat Sports Stadium, Orlando, Florida, U.S.
1 Menang 1–0 Amerika Serikat Silas Howell TKO 1 (4), 2:05 6 November 1969 Amerika Serikat Armory, Akron, Ohio, U.S.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Earnie Shavers Amateur Record at the BoxingRecords. Last updated : April 12, 2006.
  2. ^ Two Ohio Heavies To Bid for Titles Diarsipkan 2020-07-30 di Wayback Machine. by Paul O’Boynick (of The Star's Soorts Staff,) The Kansas City Times, March 18, 1969, p. 16.
  3. ^ U. S. Boxers Take Germans Tonight by Steve Hoffman, Enquirer Sports Reporter, The Cincinnati Enquirer, June 27, 1969, p. 23.
  4. ^ U.S., German Boxers Meet Here Friday, The Cincinnati Enquirer, June 22, 1969, p. 37.
  5. ^ Mulvaney, Kieran (2011-11-28). "Remembering Ron Lyle". ESPN. Diakses tanggal 2012-03-15. 
  6. ^ Keown, Tim (2012-01-17). "70 reasons to celebrate Muhammad Ali". ESPN. Diakses tanggal 2012-01-17. 
  7. ^ Bob Westerdale (2007-09-04). "Junior's close Shave with ring legend Ernie". The Star. Diakses tanggal 2008-02-07. 
  8. ^ Duane Ford of Nevada State Athletic Commission, on the Sugar Ray Leonard's retirement.
  9. ^ Seekins, Briggs. "Ranking the 10 Most Powerful Punchers in Boxing History". Diakses tanggal 15 August 2018. 
  10. ^ "Top Ten Hardest Punchers in Boxing History - The Daily Banter". 15 March 2013. Diakses tanggal 15 August 2018. 
  11. ^ Romano, Frederick V. (August 27, 2004). The boxing filmography: American features, 1920–2003. McFarland & Company. hlm. 171. ISBN 978-0-7864-1793-3. 
  12. ^ Archived at Ghostarchive and the Wayback Machine: "Mr. T biography (1999)". 
  13. ^ Archived at Ghostarchive and the Wayback Machine: "George Foreman On Tyson & Hardest Punchers". YouTube. 2011-11-02. Diakses tanggal 2016-10-02. 
  14. ^ "Full Gospel Business Men's Fellowship International FGBMFI UK & Ireland empower men for life". Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 March 2016. Diakses tanggal 15 August 2018. 
  15. ^ Shannon Bradshaw Trust

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan olahraga
Amateur boxing titles
Didahului oleh:
George Foreman
U.S. heavyweight champion
1969
Diteruskan oleh:
Ron Lyle
Regional boxing titles
Inaugural champion Nevada heavyweight champion
September 28, 1971 – October 1978
Vacated
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Mike Weaver